Rekreasi Sambil Bersih oleh RomawaByak

Biak, Papua -  Peduli lingkungan butuh aksi nyata bukan cuman omongan, bisa dengan melakukan menerapkan hidup yang lebih ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik seperti tulisan sebelumnya 5 Cara untuk Mengurangi Sampah Plastik atau dengan turun langsung ke lapangan melakukan pembersihan. 
Volunteer

Aksi nyata pun dilakukan sekelompok anak muda yang tergabung dalam komunitas bernama "RomawaByak Peduli Lingkungan" dengan melibatkan volunteer dari berbagai latar belakang melakukan aksi nyata dengan kegiatan "Rekreasi Sambil Bersih Tanjung Saruri" yang dilaksanakan pada Minggu, 8 Maret 2020 bertempat di Tanjung Saruri atau biasa dikenal dengan Batu Picah. Batu Picah merupakan salah satu destinasi Wisata yang dimiliki Biak dengan sensai ombak yang pecah setelah menabrak batu karang di pinggir pantai, inilah salah satu alasan dipilihnya lokasi ini sebagai tempat aksi, membersihkan tempat wisata sambil berwisata. (red. Sensasi Ombak di Batu Picah). 

Aksi ini dilakukan sebagai follow up aksi bersih yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2020. Follow up ini untuk menuntaskan aksi sebelumnya karena kondisi sampah yang banyak, tetapi volunteer yang terlihat sedikit.

Saya pun berkesempatan untuk terlihat dalam aksi ini, berangkat dari Biak Kota dengan titik kumpul di Segitiga Yafdas, bersama dengan beberapa volunteer menuju lokasi kegiatan. Tiba di Tanjung Barari, dilakukan persiapan kegiatan sambil menunggu volunteer yang masih dalam perjalanan. Menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan, mulai dari sarung tangan, karung, timbangan dan sebagainya. 
Aksi Bersih

Pukul 13.30 aksi dimulai dengan melakukan doa bersama dan briefing terlebih dahulu untuk menyampaikan kepada volunteer yang ikut mekanisme aksi pembersihan yang akan dilaksanakan. Tak lupa pembagian perlengkapan kebersihan dibagikan kepada volunteer. Aksi ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat dan pengelola tempat.

Selama 90 menit aksi ini dilaksanakan... Apa hasilnya ???

Aksi Bersih

Menurut data dari infografis IG Romawa Byak, bahwa jumlah relawan yang terlihat dalam aksi ini sebanyak 41 orang dari berbagai latar belakang (1000GuruBiakPapua, Oke Jack Biak, Kantor Pos Biak, Siswa/iSMAN 1 Biak, Dinas Lingkungan Hidup dan masyarakat/pengelola tempat wisata). Jumlah sampah yang dikumpulkan seberat 525,31 kg yang terdiri dari sampah anorganik (plastik & B3), organik dan residu. 

Sampah yang telah ditimbang, kemudian dinaikkan ke truk sampah Dinas Lingkungan Hidup Kab. Biak Numfor yang selanjutnya akan dibawa ke TPA Aibyowki.
Sampah yang terkumpul

Tahukah kalian bahwa pada  ada aksi ini, 11 volunteer yang membawa tumbler sendiri. Ini salah satu bentuk kepedulian mereka dalam mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai. Bisa dicontoh juga ya, mudah yang penting ada niat.

Diakhir aksi rekreasi sambil bersih, romawabyak menyerahkan dua unit tempat sampah kepada pihak pengelola dan membagikan beberapa tumbler kepada warga sekitar, tumbler ini berasal dari donatur.
Penyerahan Tempat Sampah

Apa kata mereka ????

"Memberikan apresiasi besar kepada Romawa Byak  yang memberikan contoh baik kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan. Harapannya dengan kegiatan ini menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dan menjadi warisan untuk anak cucu" Novi (Oke Jack Cabang Biak)

"Kegiatan sangat bagus dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Banyak sampah yang ditemukan, siapapun yang ada di pantai ini, tetap jaga kebersihan lingkungan. Kita menyayangi alam, supaya alam menjaga kita" Lana (volunteer)

"Pesan kepada wisatawan jangan membuang sampah sembarang dan bawa pulang kembali agar tidak mengotori tempat ini, Tanjung Saruri" Kak Yansen (Dinas Lingkungan Hidup Kab. Biak Numfor)

Nah jika kalian tertarik untuk turut berpartipasi dalam kegiatan Romawa Byak Peduli Lingkungan, kalian bisa langsung kepoin  akun instagram mereka @promawabyak. Semua informasi mulai dari  kegiatan sampai isu terkait lingkungan bisa kalian dapatkan disini.

Tong Peduli Lingkungan, Kalo Kam ?
*jargon promawabyak

Post a Comment

0 Comments