22 January 2016



Berwisata merupakan salah satu kebutuhan manusia saat ini. Berwisata untuk menikmati indahnya destinasi wisata, apalagi Indonesia dikarunia alam yang begitu mendukung dalam kegiatan pariwisata. Berbagai daerah menyuguhkan wisata bahari, wisata alam, wisata religi, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan Kupang sebagai daerah yang terletak paling selatan Indonesia menjadi salah satu daerah yang patut dijadikan salah satu referensi wisata anda.
Kuliner Kupang

Kupang dijuluki sebagai Kota Karang, terlihat dari setiap tanah yang tersusun dari karang, menjadikan daerah ini kering dengan tanah keras, tetapi tidak dengan destinasi wisata. Kupang memiliki beragam tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Wisata Pantai Lasiana, Gunung Fatuleu, Pulau Semau, Gua Lorentz, dan sebagainya. Tak lengkap cerita wisata, ketika belum menikmati makanan khas dari setiap daerah yang kita kunjungi. Seperti daerah lain, Kupang memiliki beberapa makanan khas yang dapat menggugah selera. Inilah beberapa kuliner khas Kupang yang patut anda rasakan dan nikmati...

Se’i
Makanan khas Kupang ini sangat terkenal. Bahan utama berupa daging, seperti daging sapi dan daging B***. Daging tersebut dipanggang dengan campuran berbagai rempah-rempah dan bahan lainnya. Makanan ini pas dinikmati sebagai makan malam dalam keadaan yang masih panas. Se’i biasanya dinikmati bersama dengan nasi, bunga dan daun pepaya serta sambal kecap. Beberapa tempat yang anda dapat kunjungi jika ingin mencoba makanan ini, seperti Rumah Makan Teluk Rasa terletak di Jl. Timor Raya No. 33A, Pasir Panjang yang menyediakan Se’i Sapi, sedangkan Rumah Makan Aroma terletak di Jl. Cak Doko No. 74, Oebobo dan Rumah Makan Pondok Jagung Gerhana yang terletak di Jalan Timor Raya Km. 29,5 Oesao, kedua warung makan ini menyediakan Se’i B*** dengan harga sekitar Rp. 50.000/porsi.

Se'i
Jagung Bose
Dari namanya saja kita sudah tau kalau bahan utama adalah jagung. Makanan ini seperti bubur, tetapi jagungnya tidak hancur dan airnya masih ada. Dicampur dengan bahan lainnya seperti santan dan kacang tanah. Jagung Bose bisa dinikmati kapan saja dan sebaiknya dilengkapi dengan sambal akan terasa nikmat. Tempat yang menyediakan makanan ini di Rumah Makan Pondok Jagung Gerhana. Harga makanan ini sekitar Rp. 10.000/porsi.
Jagung Bose
Jagung Katemak
Seperti jagung bose, makanani ini berbahan utama Jagung. Bedanya campuran Jagung Katemak adalah kacang hijau tanpa santan. Warung Rumah Makan Pondok Jagung Gerhana pun menyediakan jagung katemak. Harganya sekitar Rp. 15.000/porsi.
Jagung Katemak

Ikan Lawar Sarden
Bahan utama adalah ikan teri. Ikan teri tidak dimasak, tetapi hanya dicuci kemudian di campur dengan cabe dan perasan air jeruk. Bau amis setidaknya berkurang, tetapi rasa mentah masih terasa. Namun bagi anda yang menyukai makanan yang berbau Jepang, anda dapat mencoba Lawar karena tidak jauh berbeda dengan cara penyajian makanan Jepang tanpa melewati proses dimasak. Di Warung Rumah Makan Pondok Jagung Gerhana ini pun tersedia dengan harga Rp. 5.000/porsi.
Ikan Lawar Sarden
Untuk minuman khas Kupang anda bisa mencoba....
Sopi
Minuman ini berasal dari penyulingan pohon lontar. Minuman ini berwarna bening dengan bau yang menyengat seperti alkohol. Rasa sedikit pahit dan jika sudah masuk ke dalam mulut, minuman ini serasa cepat menguap, mungkin karena adanya kandungan alkohol. Minuman ini biasanya di sajikan pada saat adanya upacara adat Rote. Para pemuda yang belum mempunyai pasangan akan duduk melingkar dan minum sopi secara bergiliran dari gelas yang sama sambil bercerita berbagi pengalaman sampai minuman tersebut habis. Disini terlihat adanya kebersamaan dan kepedulian yang tinggi bagi orang Rote. Namun sebelum di minum, Sopi terlebih dahulu dicampur dengan air putih, mungkin hal ini dilakukan untuk mengurangi kandungan alkohol.
Reaksi:

10 comments:

  1. wih, pengen nyobain se'i dan ikan lawar sardennya :).
    kayaknya enak

    ReplyDelete
  2. Alamat rumah makan pondok jagung dimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah Makan Pondok Jagung Gerhana alamat.x di Jln. Timor Raya km. 29,5 Oesao

      Delete
  3. Alamat rumah makan pondok jagung dimana ya

    ReplyDelete
  4. Alamat rumah makan pondok jagung dimana ya

    ReplyDelete
  5. Jagung Bose kayak bubur jagung ya? Itu khasnya karna campur dengan kacang tanah. Aku belum pernah nyobain yang pake kacang tanah. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... Nanti klo jln2 k Kupang harus dcoba... 😊😊😊

      Delete

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts