21 April 2016


Setelah pendistirbusian bahan makanan untuk Smart Center di SDN Rium, kami pun kembali ke Kupang. Tetapi tak lengkap bila tidak mengunjungi salah satu destinasi wisata yang ada, yang terlewati ketika menuju SDN Rium. Destinasi wisata tujuan kami adalah Air Terjun Tesbatan.
Air Terjun Tesbatan

Terletak di Desa Tesbatan, Kecamatan Amarasi, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Air terjun ini tersebunyi dari keramaian, tetapi menyimpan keindahan yang memesona. Butuh beberapa menit untuk memasuki daerah air terjun ini, dengan jalan yang sedikit berbatu. Tak ada pintu gerbang megah yang menyambut kedatangan kami, hanya sebuah papan kecil yang berdiri di jalan masuk bertuliskan “Air Terjun Tesbatan”.
Air Terjun Tesbatan

Setelah mobil parkir, air terjun masih belum kelihatan. Disini pun, tak ada tukang parkir dan penjual yang menjajankan makanan maupun minuman. Butuh langkah kaki untuk menyusuri jalan setapak menuju air terjun. Bukan dari beton tetapi masih tanah liat, masih alami. Menjejaki jalan setapak, disebelah kiri terlihat aliran sungai dari air terjun tersebut, terlihat pula aliran air yang dibuat oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air mereka.
Jalan Setapak Menuju Air Terjun Tesbatan

Berjalan sekitar 5 menit, suara gemericik air terjun sudah menusuk telinga. Sampai di air terjun, beberapa wisatawan lokal sudah menikmati sejuknya Air Terjun Tesbatan, mungkin karena intensitas hujan yang kurang sehingga mempengaruhi volume air yang kurang juga.
Volume airnya kurang

Disekitar air terjun ini, hanya ada sebuah kamar ganti. Itupun sudah tidak layak pakai, atap dan pintu sudah tidak ada lagi ditambah dinding penuh dengan coretan-coretan orang yang memiliki jiwa seni tinggi yang salah tempat menyalurkan bakat mereka.
Kondisi Kamar Ganti

Disini fasilitas seperti lopo-lopo dan tempat sampah tidak ada, akibatnya sampah berserahkan dimana-mana ditambah wisatawan yang berkunjung tak mengerti aturan wisata (jangan membuang apapun di tempat wisata selain waktu dan jangan meninggalkan apapun di tempat wisata selain jejak).
Sampah dimana-mana

Ditambah lagi dengan adanya tulisan yang di buat oleh My Trip My Adventure Malaka untuk mengajak wisatawan untuk “Nikmati Liburanmu, Bawa Pulang Sampahmu” atau “Nyampah Sembarangan Itu Nggak Asyik” yang mungkin saja bisa mengurangi sampah yang berserahkan tersebut, tapi begitulah tak ada yang peduli….
Read and Do it

Menikmati sejuknya air dan alam, terjun dari batu dan berenang sebagai aktivitas yang kami lakukan di Air Terjun Tesbatan. Beberapa spot yang dimiliki air terjun ini yang dapat digunakan untuk berenang dan mengambil gambar dengan jarak yang cukup dekat satu sama lain dan dengan ketinggian yang berbeda.

Tak di sangka, di tempat ini kami pun bertemu salah satu komunitas yang juga peduli terhadap pendidikan dan ketertinggalan masyarakat pedalaman. Komunitas tersebut bernama,Indonesia Backpacker Care (IBC). Mereka adalah kumpulan orang yang suka berpetualang ala backpacker (seperti kami ini) dan sentuh dengan keterbatasan yang ada yang mereka lihat selama petualangan. Mereka memiliki program untuk membuat taman baca di salah satu sekolah yang ada di pedalaman NTT (nama SD-nya lupa J J J) dan mencari seorang volunteer yang akan bertugas di SD tersebut untuk memberi pengetahuan dan keterampilan. Didalam perbincangan tersebut, kami bersepakat untuk bertemu untuk membicarakan program mereka, tetapi tak tahu kelanjutannya…
Wisatawan lokal

Puas menikmati keindahan dan kealamian Air Terjun Tesbatan, kami pun melanjutkan perjalanan kembali ke Kupang….

Sedikit tips ketika berwisata ke Air Terjun Tesbatan, bawa tempat sampah sendiri jadi gak perlu buang samph dimana-mana, datangnya kalo pas musim hujan mungkin airnya bisa banyak tapi hati-hati jalanan bisa licin…
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts