Semarak Pembukaan Festival Biak Munara Wampasi V Tahun 2017

Menulis di blog memang rada-rada susah, bukan hanya butuh cerita sebagai bahan dalam tulisan, tetapi butuh ketekunan dalam menulis. Apabila sudah berhenti sekali saja menulis di blogg, perlahan-lahan rasa malas menulis akan terbawa sampai susah untuk mengembalikan mood menulis. Seperti yang saya alami beberapa bulan ini. Blog saya tidak pernah tersentuh lagi oleh tulisan-tulisan yang tidak jelas… Hehehe (tulisannya belum se-profesional penulis handal). Saat ini saya sedang berusaha untuk memulai lagi….

Puasa menulis di blog sekitar 3 bulan akhirnya saya kembali berusaha untuk mengembalikan semangat (dengan semangat 45) menulis. Tulisan saya kali ini tak jauh-jauh, masih seputaran Biak. Setelah beberapa bulan tinggal di Biak, salah satu kegiatan yang saya tunggu-tunggu dan ingin melihat serta merasakan secara langsung datang juga, apalagi kalo bukan Festival Biak Munara Wampasi. Kali ini saya akan membagi cerita dan informasi Festival Biak Munara Wampasi sebagai salah satu kegiatan tahunan yang ada di Biak, bukan hanya saya yang menunggu kegiatan ini, tetapi warga Biak Biak bahkan mungkin orang-orang yang di luar Biak terlebih yang suka traveling dan suka dunia wisata dan budaya dengan penuh antusias akan mengikuti setiap rangkaian festival ini.

Indonesia tidak hanya terkenal dengan alam yang menakjubkan. Perpaduan alam dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia menjadi nilai tambah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Setiap daerah memiliki alam yang berbeda dan pastinya budaya yang berbeda pula. Seiring berkembangnya zaman, beberapa daerah di Indonesia melalui pemerintah setempat mengemas acara-acara yang menitikberatkan pada alam dan budaya untuk lebih menarik minat wisatawan dalam sebuah festival, sebut saja Toraja International Festival di Toraja, Festival Danau Sentani di Jayapura, Festival Danau Toba di Sumatera Utara, dan masih banyak lagi.

Biak sebagai salah satu daerah yang terletak di Indonesia bagian timur tak ketinggalan untuk mengemas pariwisata dalam sebuah festival untuk menarik wisatawan supaya berbondong-bondong datang berkunjung ke Biak. Festival tersebut bernama Festival Biak Munara Wampasi atau di singkat  Festival BMW dan sudah masuk ke dalam kalender nasional Kementerian Pariwisata. Tahun 2017 ini merupakan penyelenggaraan kali ke 5 Festival BMW yang berlangsung selama 4 hari yakni 1 – 4 Juli 2017. Munara Wampasi dalam bahasa setempat berarti air surut. Pemilihan waktu pelaksanaan pada bulan Juli dirasa tepat karena menurut perhitungan masyarakat setempat bahwa pada bulan tersebut air laut akan surut terendah.
Pembukaan Festival Biak Munara Wampasi

Pembukaan Festival ini dilaksanakan pada Sabtu, 1 Juli 2017 bertempat di Nirmala Beach Hotel. Pelataran hotel yang langsung berhadapan dengan laut menjadi pilihan pelaksanaan pembukaan festival. Turut hadir dalam pembukaan Festival Biak Munara Wampasi, Ibu Yohana Yambise selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sekaligus membuka festival, Ibu Esthy Reko Astuti selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Bapak Thomas Alfa Ondy (Bupati Biak Numfor) dan Bapak Herry Naap (Wakil Bupati Biak Numfor), Ketua DPR Kabupaten Biak Numfor dan beberapa kepala SKPD lainnya.

Ini kali pertama saya mengikuti Festival Biak Munara Wampasi. Pembukaan yang cukup meriah dan dihadiri bukan hanya pejabat tetapi masyarakat Biak dari berbagai daerah datang untuk melihat secara langsung pembukaan festival ini bahkan beberapa wisatawan yang berasal dari luar Biak.

Salah satu hal yang menarik perhatian saya adalah saat memasuki tempat pembukaan para tamu akan disambut oleh pukulan tifa dari sekitar 800-an orang lengkap dengan kostum khas Papua. Bukan hanya orang dewasa tetapi anak kecil, bukan hanya laki-laki tetapi perempuan pun turut andil dalam pemukulan tifa. Menurut saya ini menjadi salah satu cara untuk mempertahankan budaya yang ada.  
Pemukul Tifa

Setidaknya terdapat tiga 3 rekor tercipta dalam Pembukaan Festival Biak Munara Wampasi tahun ini, Pertama). Penghargaan Dunia Official World Record Certificate sebagai Largest Traditional Boat dengan ukuran 30 meter dan drum tifa terbanyak; Kedua). Penggagas Perahu Tradisional Terbesar dan Drum Tifa dari Museum Rekor Indonesia (Muri); Ketiga). Penyelengaraa Perahu Tradisional Terbesar dan Drum Tifa Dewan Kesenian Biak.  

Perahu yang memecahkan rekor tersebut merupakan perahu tradisional masyarakat Biak zaman dulu yang digunakan untuk melaut. Terbuat dari kayu dengan dua layar ditambah penyeimbang di sisi kiri dan kanan, perahu ini tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan dayung. Namun karena perkembangan zaman dan teknologi, perlahan-lahan perahu ini tidak digunakan lagi. Sehingga untuk memperkenalkan kembali kepada khalayak umum dibuatlah perahu tersebut dan ditampilkan dalam Festival Biak Munara Wampasi.

Tidak sampai disitu dalam pembukaan Festival Biak Munara Wampasi ini ada beberapa penampilan yang mengangkat budaya setempat, seperti “Tarian Wobe Kakaro” yang dibawakan oleh anak-anak muda dari daerah Bakribo, bahkan ada penampilan “Tarian Lemon Nipis” dari Jayapura. Ada pula penampilan artis lokal, Paduan Suara Remaja dan Pemuda Kabupaten Biak Numfor yang akan mengikuti lomba Pesparawi Se-Tanah Papua di Kaimana, serta masih banyak lagi.
Tarian Wobe Kakaro

Semarak pembukaan Festival Biak Munara Wampasi Tahun 2017 tidak hanya dihadiri oleh masyarakat setempat tetapi dihadiri oleh orang-orang penting, tidak hanya dirasakan oleh masyarakat setempat tetapi juga masyarakat luar biak, tidak hanya sekedar festival tetapi lebih menonjolkan adat budaya setempat, tidak hanya festival semata tetapi pemecahan tiga rekor sekaligus. Festival Biak Munara Wampasi bukan hanya acara seremonial semata, tetapi untuk menunjukkan kepada orang diluar sana bahwa Biak memiliki potensi pariwata yang unggul, baik budaya maupun alam yang dimiliki. Sehingga dengan adanya festival ini maka wisatawan akan berbondong-bondong untuk datang ke Biak, melihat dan merasakan secara langsung apa yang disuguhkan oleh Biak.
Tarian Lemon Nipis

Pembukaan Festival Biak Munara Wampasi ini hanya segelintir dari cerita Festival BMW, cerita yang lain selama 3 hari akan saya bagikan ditulisan berikutnya, jadi jangan ketinggalan, jangan lupa komentarnya….

Salam dari Biak

Jangan lupa ke Biak

Post a Comment

0 Comments