16 February 2017

Tak banyak yang dapat saya tuliskan terkait kegiatan yang satu ini, Festival Kembang Api Toraja Utara. Tulisan saya sebelumnya kebanyakan bercerita tentang kegiatan di Tana Toraja, nah tulisan satu ini adanya di Toraja Utara. Ohhh iya… Sekedar informasi bahwa Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara  dulunya masih satu kabupaten, yakni Kabupaten Tana Toraja, tetapi karena ada pemekaran maka daerah ini dibagi menjadi dua kabupaten. Walaupun demikian kedua kabupaten ini tak bisa dipisahkan dari masa lalu dan adat istiadat, keduanya sama-sama Sang Torayan.
Patung Salib Raksasa Buntu Singki, Rantepao

Kembali ke bahasan, saya mengetahui adanya Festival Kembang Api di Rantepao, ibukota Kab. Toraja Utara dari salah seorang teman semasa SMP dulu. Karenanya itu, saya tertarik untuk melihat festival tersebut. Lokasi kembang api di Objek Wisata Salib Raksasa Bukit Singki’ sebagai landmark Toraja Utara. Namun pemicunya menggunakan remote control dari Lapangan Bakti, Rantepao sekaligus sebagai salah satu tempat yang pas bagi para penonton untuk menikmati pesta kembang api pada tanggal 30 Desember 2016 pukul 20.30 WITA. Durasi dari kembang api ini sekitar 45 menit, waktu yang cukup lama dengan kembang api mencapai 1 ton.
Kembang api

Malamnya, saya dan sepupu (Kurni) berangkat dari rumah yang terletak di Kabupaten Tana Toraja, walaupun begitu letak rumah saya setidaknya sudah pertengahan antara Kab. Tana Toraja dengan Kab. Toraja Utara. Waktu tempuh sekitar 45 menitan sampai ke Rantepao.

Sampai di sekitaran Rantepao jalan sudah macet dan dipenuhi para masyarakat yang ingin menikmati keindahan kembang api. Karena pada saat sampai di Lapangan Bakti, acara belum selesai, maka kami jalan-jalan untuk berkeliling lapangan disitu banyak pula penjual berbagai macam jualan, ada pakaian, tas, mainan, makanan dan sebagainya seperti pasar malam.

Sambutan dari pemerintah Kabupaten Toraja Utara selesai dan menekan tombol remote control, maka pesta kembang api pun di mulai… Masyarakat antusias menikmati pesta kembang api dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna….
Festival Kembang Api Toraja Utara

Festival Kembang Api Toraja Utara

Mungkin itu saja yang dapat saya tuliskan, tak banyak. Tetapi inilah salah satu kegiatan yang saya ikuti di akhir tahun 2016, menikmati keindahan langit Kota Rantepao yang dihiasi kembang api.
Reaksi:

17 comments:

  1. Wah.. Keren kembang apinya dikontrol pake remote control.. Btw, ini festival tahunan ya?? Tiap tanggal 30 Desember gitu?
    Trus malam tahun barunya ada kembang api lagi gak??

    Aku udah follow lho blog nya. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Festival.x tahun kemarin mbak... Nanti akan jadi festival tahunan... Tahun baru msh ada kembang api tpi gak semeriah ini..

      Delete
    2. Wah.. Bahkan tahun baru aja gak semeriah ini.. Mudah2an tahun depan lebih banyak lagi kembang apinya.. Bikin liputan dong utk tahun depan.. Live fb gitu. Pengen nonton. hihihi

      Delete
    3. Sippp mbak.... Kunjungi FB ato IG saya mbak... Hehehe

      Delete
    4. siap... laksanagan.. hahaha.. Folbek yaw..

      Delete
    5. Sipppp... Hehehe... Terima kasih mbak...

      Delete
    6. Sipppp... Hehehe... Terima kasih mbak...

      Delete
  2. Cukup meriah ya festival kembang apinya.

    Oh iya, blognya sudah saya follow ya.

    ReplyDelete
  3. Itu kembang api mas ?
    Keren gitu ya.. coba kalau liat langsung, seru sepertinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kembang api... Keren skali apalagi waktu.x 45 menit nonstop...

      Klo mau langsung liat tahun ini k Toraja biasanya bulan desember... Skalian eksplor Toraja

      Delete
  4. Beuh walaupun tak sebanyak yang aku pikirkan kembang apinya... Tapi mungkin cukup menghibur warga rantepao...
    Muga2 terus dan semakin meriah ya...

    ReplyDelete
  5. Wah ada blogger travel uga nih.
    udah aku followback loh mas, thanks ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendatang baru sebagai blogger travel mas...

      Ikuti terus blog saya... Hehehe

      Delete
  6. Kembang api 1 ton???
    Bunyaknya ya Mas :)
    Salam kenal juga, sudah ku folbek ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... Info yg saya dptkn sekitar 1 ton...
      Terima kasih

      Delete

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts