25 November 2016

Kali Biru atau Kalibiru, tulisannya pisah atau bersambung… Entahlah… yang penting ini bukan Kalibiru di Yogyakarta. Kali Biru di Biak beda, kalo di Jogja adanya di daerah pegunungan dan pemandangannya berupa Dana, tetapi Kali Biru di Biak adanya disekitaran daerah laut dan pemandangannya berupa goa yang didalamnya terdapat air, seperti kolam renang dengan air yang berwarna biru, itulah namanya disebut Goa Kali Biru atau Kolam Biru Warmbekra.
Birunya, Goa Kali Biru

Letaknya tak jauh dari Kota Biak, tepatnya berada di Kampung Paray, Distrik Biak Kota. Sekitar 20 menit menggunakan kendaraaan. Sebenarnya untuk menemukan tempat ini tidaklah susah karena lokasinya di pinggir jalan. Namun karena tak ada papan petunjuk, sehingga menyulitkan wisatawan untuk menemukan Goa Kali Biru.

Saat berkunjung saya ditemani seorang teman. Perjalanan ini merupakan lanjutan perjalanan saya dari Goa Jepang, selanjutnya ke Monumen Perang Dunia Ke II, kemudian terakhir kesini, Goa Kali Biru. Dengan menggunakan motor kami melaju. Sesampai di depan, memang tak ada papan petunjuk yang terlihat, untungnya teman yang menemani saya sudah tau tempatnya. Jadi kami tidak kesulitan menemukannya dan pastinya tidak nyasar. Terdapat pos penjaga untuk melihat dan tempat menagih uang masuk bagi wisatwan yang datang.
Anak tangga yang mesti dilalui menuju goa

Kami tidak membayar dahulu, tetapi kami langsung menuju Goa Kali Biru. Karena goa ini berada lebih rendah daripada jalan raya, maka kami harus menuruni anak tangga. Sesampai dibawah tak banyak wisatawan yang datang, hanya sepasang suami istri dan satu anak perempuan mereka. Sekitar goa ditumbuhi banyak pepohonan, inilah yang membuat goa terasa sejuk dan ini pulalah yang membuat goa terlihat tidak bersih karena banyak dedaunan yang berhamburan ditambah tak ada tempat sampah yang disiapkan pihak pengelola.
Pepohonana yang rimbun di sekitar goa

Pemandangan airnya tak begitu berwarna biru karena saat kami berkunjung cuaca tidak mendukung, lagi mendung sehingga intensitas matahari yang masuk ke dalam goa terbatas.

Kami tak sempat berenang, hanya berfoto ria dan kembali. Sesampai di pos penjagaan, kami membayar sekitar Rp. 35.000 untuk dua orang. Memang di dinding pos jaga tersebut sudah ditempel biaya untuk masuk di goa ini. Tarif masuk Rp. 5.000/orang, Parkir kendaraan roda 2 Rp. 5.000 dan Rp. 10.000 untuk roda 4. Ada biaya tambahan, pengujung harus membayar Rp 20.000 sebagai biaya mengambil gambar. Tak hanya itu, pihak pengelola sudah mematok harga untuk penelitian ilmu pengetahuan sebesar Rp. 50.000. ini pun terulang lagi, kami tak mendapat selembar tiket masuk, hanya membayar seperti yang ditagihkan oleh penjaga. Tak tau pembagian uang yang kami bayar tersebut, apa ada untuk pendapatan pemerintah atau tidak… Entahlah…
Biaya untuk masuk

Inilah perjalanan saya dan teman mengujungi beberapa tempat wisata di Biak, salah satu tempat yang menyimpan nilai sejarah, menyimpan wisata alam dan masih banyak lagi.
Goa Kali Biru
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts