02 August 2016

Komunitas yang satu ini tak kalah keren dari komunitas yang lain. Berawal dari  akun inspirasi dengan memberitakan realita pendidikan pedalaman Indonesia sampai membentuk komunitas dengan melakukan aksi nyata secara langsung di lapangan. Komunitas tersebut didirikan oleh Jemi Ngadiono dan diberi nama 1000 guru. Beberapa kegiatan dari komunitas ini, seperti Traveling and Teaching (TnT) kegiatan ini berupa mengajar dan jalan-jalan, Smart Center memberi makanan bergizi bagi anak-anak, dan beberapa kegiatan lainnya.

Kumpulan dari para pemuda dan yang pastinya masih berjiwa muda memberikan sesuatu yang berarti bagi pendidikan anak-anak di pedalaman. Melihat secara langsung, kondisi sekolah, kondisi guru, dan kondisi anak-anak yang boleh di kata tak seperti pendidikan di perkotaan. Namun, di sini bukan kekurangan tersebut yang kami lihat, tetapi semangat anak-anak dalam mengejar cita-cita walaupun dalam berbagai kekurangan tersebut. Membagikan ilmu, menumbuhkan semangat, memberi inspirasi bagi anak-anak, serta menyisihkan sedikit berkat bagi anak-anak di pedalaman dengan berbagi donasi beberapa hal yang kami berikan kepada mereka sebagai rasa peduli.

Banyaknya orang yang pernah menjadi bagian dari kegiatan 1000 guru yang tersebar di berbagai belahan bumi Indonesia dan banyaknya orang yang tertarik dengan 1000 guru walaupun belum pernah mengikuti dan merasakan kegiatan 1000 guru. Tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, dari Barat sampai Timur, Sabang sampai Merauke dan dari Utara sampai Selatan, Miangas Sampai Pulau Rote.

Untuk itu, tim 1000 guru pusat yang berdomisili di Jakarta melaksanakan kegiatan yang diberi nama Fun Walk. Kegiatan ini menjadi ajang reuni bagi anak-anak muda yang pernah terlibat dalam kegiatan 1000 guru, baik menjadi tim 1000 guru di daerah, pernah menjadi volunteer, maupun sebagai donator dalam setiap kegiatan 1000 guru, bahkan bagi siapa pun yang tertarik dan ingin mengetahui seperti apa komunitas 1000 guru bisa juga ikut.

Saya pun turut mengikuti dan merasakan kemeriahan Fun Walk, berhubung karena saya ada kegiatan di Jakarta. Sebelumnya saya sudah dapat informasi dari sosial media, melihat beberapa persyaratan dan administrasi yang harus di urus sebelum tiba hari H. Setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini membayar biaya sebesar Rp. 30.000 yang diperuntukkan untuk snack, mineral water dan sticker. Kostum yang digunakan, bagi yang sudah pernah mengikuti kegiatan 1000 guru dapat memakai baju 1000 guru dan bagi yang belum memakai baju putih.

Setiap peserta yang sudah mendaftar di bagi ke dalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok yang terbentuk nantinya akan menampilkan kreativitas, mau nanyi, dance, atau apalah terserah kelompok.

Pengumuman kelompok muncul di sosial media. Saya masuk kelompok 10 dan di undang untuk bergabung ke dalam grup WA kelompok, kami berkenalan dan membicarakan apa yang akan kami tampilkan.
Kelompok 10


Tepat pada hari Minggu, 5 Juni 2016 bertempat di Museum Nasional, para peserta Fun Walk berkumpul. Saya berangkat dari tempat menginap dengan berjalan kaki karena jaraknya cukup dekat. Janjian dengan teman kelompok untuk bertemu di depan museum. Terlihat tim dan peserta sudah berdatangn dengan berbagai warna dan design kostum 1000 guru dari berbagai daerah, ada yang dari Bandung, Banten, Bogor, Makassar, Kupang (saya sendiri), sampai Papua dan masih banyak lagi.

Sebelum memulai Fun Walk, dilakukan peresmian salah satu program dari 1000 guru yakni Smart Center walaupun sudah berjalan di beberapa daerah di Indonesia, seperti Smart Center SDN Rium, Kabupaten Kupang, NTT. Peresmian dilakukan langsung oleh Founder 1000 guru, Jemi Ngadiono.

Dilanjutkan dengan, kegiatan senam bersama….

Fun Walk sebagai kegiatan utama, start dari Museum Nasional menuju Bundaran Hi dan kembali ke Museum Nasional. Berjalan kaki, bernyanyi, berfoto, dan sebagainya bersamaan dengan fun walk.
Fun Walk

Setelah Fun Walk dilanjutkan dengan penampilan tiap kelompok. Apa yang kami tampilkan ???. Salah satu goyang yang mungkin tak asing lagi, Goyang Pinguin dengan memakai topeng pinguin dan salah seorang anggota kelompok (Kak Bangun) sebagai tim leader. Kami pun menyabet juara 1. Tak tau apanya yang bagus dan layak sehingga kami berhasil menjadi yang terbaik… tapi tak apalah keputusan juri tidak boleh diganggu gugat.
Goyan Pinguin ala Kelompok 10

Dilanjutkan dengan penutupan kegiatan dan foto bersama. Tetapi ada agenda tambahan yang tidak wajib, hanya peserta yang ingin ikut saja. Keliling Museum Nasional, kegiatan ini menjadi bonus bagi peserta.  Saya dan beberapa kenalan baru tak menyia-yiakan kesempatan ini, saya pun ikut. Berkeliling dan mengambil gambar di dalam museum.
Foto Bareng

Selain itu di kegiatan Fun Walk ini, ada pameran foto dari kegiatan yang telah dilakukan oleh 1000 guru di berbagai daerah dan penjualan souvenir ala 1000 guru. Saya pun membeli salah satu souvenir (baju) yang di jual harganya sedikit murah .......

Salah satu souvenir 1000 guru



Puas berkeliling, kami pun berpisah, saya kembali ke tempat menginap di kosan senior.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts