02 August 2016

Tahap ini adalah Tahap III sekaligus tahap terakhir dari diklat Pra Jabatan, sebelumnya Tahap I (On Campus) terima materi di BDA Sukamandi, Tahap II (Off Campus) magang di Jakarta, dan Tahap III kembali ke BDA Sukamandi presentasi hasil aktualisasi). Tahap III ini dijadwalkan selama 4 hari dari 21–24 Juni 2016 termasuk penutupan.

Setelah kegiatan Off Campus yaitu aktualisasi nilai dasar ANEKA selesai, kami para peserta Prajabatan kembali ke BDA (Balai Diklat Aparatur) Sukamandi untuk melakukan seminar hasil aktualisasi.

21 Juni 2016, berangkat dari Jakarta (Stasiun Gondangdia) menuju Stasiun Cawang dan melanjutkan dengan numpang mobil teman (Mas Danang) seangkatan prajabatan bersama 2 teman lainnya (Bang Rodo dan Mbak Ratih). Berangkatlah kami ke Sukamandi.

Dikarenakan beberapa kebutuhan seminar belum dibeli, kami pun singgah untuk membeli beberapa perlengkapan, seperti kertas, penjepit kertas dan sebagainya. Ditambah lagi sudah memasuki bulan puasa, maka kami yang tidak menunaikan ibadah puasa, singgah untuk membeli makan siang, takutnya di BDA tidak tersedia makan siang. Cukup lama untuk menemukan penjual makanan sebagian besar tutup, tetapi kami masih beruntung menemukan warung makan yang buka di pinggir jalan.

Sampai di BDA, bergegas menuju resepsionis untuk konfirmasi kehadiran dan melihat kamar yang akan kami tempati. Dan ternyata kami berpindah kamar dan  personil, sekarang dalam satu kamar diisi oleh 3 orang (Saya, Bang Rodo dan Bang Jon). Kami bertiga satu direktorat dan tidak menunaikan ibadah puasa. Setidaknya bisa ngemil di jam puasa tanpa mengganggu yang lain.

Beristirahat…

Esoknya, 22 Juni 2016. Bertemu dengan Coach (Pak Zayadi) yang baru, membicarakan persiapan seminar hasil dan laporan. Ada beberapa perubahan dalam laporan, baik penambahan maupun pengurangan isi laporan.  Kembali memperbaiki laporan dan setelah semua rampung dan sesuai dengan permintaaan coach, baru di print.

Isitrahat, makan….

23 Juni 2016. Seminar Hasil Aktualisasi di mulai. Peserta dibagi terbagi dalam kelompok seperti kelompok sebelumnya. Setiap kelompok di bimbing oleh 1 coach dari BDA Sukamandi dan setiap peserta di bimbing oleh 1 mentor dari tempat kerja atau magang masing-masing. Namun ada pertimbangan, bagi peserta yang off campus di tempat yang sama, bisa di bombing oleh 1 mentor saja. karena saya sendiri yang magang di Direktorat KKHL, maka saya di bombing oleh coach sendiri.

Sekitar pukul 09.00, seminar pun di mulai. Saya menjadi peserta pertama yang mempersentasikan hasil aktualisasi karena mentor saya sudah datang terlebih dahulu. Iya.. dalam presentasi ini, kami para peserta didampingi 1 mentor, 1 coach dan 1 penguji (penguji semua sama). Ada rasa grogi dan cemas…. Sebagai yang pertama pasti ada rasa grogi dan ciut… Tetapi semua bisa saya lalui, walaupun ada beberapa pertanyaa dan perbaikan dari penguji… dilanjutkan dengan teman kelompok yang lain…..

Bisa di kata durasi presentasi kami terbilang cepat, sekitar pukul 12.00 kelompok kami sudah selesai semua presntasi. Bertemu dengan penguju dan mentor membahas perbaikan, meminta tanda tangan dan berfoto bersama. Kembali melakukan perbaikan dan setelah semua benar-benar clear, di jilid… tempat kami menjilid tidak di BDA, tetapi menuju tempat penjilidan di luar BDA (nama tempatnya kurang tau) dengan menggunakan angkutan umum.

Setelah semua rampung. Kami beristirahat… Kabar baru pun datang bahwa penutupan kami di percepat, malam ini….

Malamnya, semua peserta kembali memakai baju hitam putih menuju dan berkumpul di ruangan untuk penutupan. Baru kali ini ada penutupan prajabatan di angkatan kami (dari 6 angkatan sebelumnya). Penutupan di buka dengan doa yang dibawakan salah satu peserta diklat (Mas Putra), laporan panitia (Pak Erwin) dan sambutan kepala BDA (Pak Arsyad).

Setelah sambutan, dilakukan pelepasan peserta secara simbolis, dengan pelepasan atribut diklat (name tag) diwakili oleh putra (Mas Sanggoro) dan putri (Mbak Ratih). Dilanjutkan dengan pengumuman peserta terbaik yang dilihat dari nilai akumulasi, semua nilai dari ujian tertulis, seminar rancangan dan seminar hasil. Kemudian didapatkan 3 terbaik, terbaik ke-3 Mas Putra, terbaik ke-2 Mas Taufik dan terbaik ke-1 Mas Toni. Setelah pengumuman terbaik dilanjutkan dengan foto bersama.

Tradisi prajabatan di BDA, peserta terbaik akan diceburkan ke kolam ikan depan balai. Itupun yang kami lakukan kepada 3 peserta terbaik, menceburkan mereka ke dalam kolam di malam hari.

Malamnya beristirahat… Esok kembali ke tempat masing-masing

Selesai sudah diklat Pra Jabatan selama kurang lebih 2 bulan bersama teman-teman dan keluarga baru dari berbagai suku, agama, dan latar belakang lainnya, tetapi menjadi satu di sini di Prajabatan. Ada kebersamaan, kekeluargaan, rasa capek, rasa ngantuk, dan sebagainya. Ada keseruan, jalan-jalan, bangun subuh untuk senam, makan ala militer, karokean, main basket, main tenis meja, nonton film horor dan sebagainya. Prajabatan tidak seseram yang dibayangkan yang terpenting mengikuti semua aturan dan melakukan apa yang disuruh ditambah lakukan dengan senang hati jangan dijadikan beban, maka Prajabatan akan terasa menyenangkan.


Saya masih melanjutkan perjalanan ke Bandung bersama salah seorang teman diklat (Mas Ulung)…. Cerita di Bandung akan saya tulis di postingan berikutnya…
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts