21 July 2016



Setelah kegiatan On Campus dan presentasi rancangan aktualisasi selesai, maka kami peserta diklat prajabatan kembali ke tempat asal kami (bukan pulang kampung ya). Beberapa kembali ke tempat kerja dan beberapa yang lain memilih magang di tempat terdekat. Termasuk saya memilih magang di Jakarta selama 2 minggu, daripada kembali ke Kupang (hemat tenaga terlebih hemat biaya) dan itu pun sudah disetujui oleh atasan di Kupang.
Presentasi rancangan aktualisasi

Dari Sukamandi sampai di Jakarta

Berangkat dari Sukamandi menggunakan mobil rental bersama teman menuju Jakarta. Karena macet maka kami sampe di Jakarta malam hari tepat di Stasiun Gambir. Bertemu teman saat kuliah menuju tempat tinggal saya di Jakarta

Soal tempat tinggal di Jakarta tak terlalu sulit mencarinya. Berhubung beberapa senior saya sewaktu kuliah berdomisili di Jakarta, maka saya pun menghubungi mereka (menghemat biaya). Setelah tiba di Jakarta, saya janjian dengan teman satu angkatan pada saat kuliah untuk bersama-sama ke tempat saya tinggal yang ia rekomendasikan. Tempat tersebut adalah sebuah rumah yang di sewa sebagai sekretariat salah satu ikatan sarjana terletak di Jalan Rancho Indah Dalam, Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Saya tinggal beberapa hari disitu. Dikarenakan jarak yang cukup jauh dari tempat saya magang (alasan utama) dan butuh sedikit perjuangan selama pulang pergi (dari naik ojek online, naik kereta, jalan kaki baru nyampe di tempat magang), walaupun sebenarnya masih bisa ditolerir. Sehingga saya pun pindah tempat tinggal.

Berhubung barang saya banyak, maka saya menyewa mobil online menuju kosan senior sebagai tempat tinggal saya. Karena jarak yang tidak jauh dari tempat magang saya disekitaran Jalan Medan Merdeka Barat, bisa ditempuh dengan berjalan kaki menjadi pilihan yang tepat sebagai tempat tinggal saya selama magang.

Selama 2 minggu di Jakarta….

Senin sampai Jumat masuk kantor (disekitaran Jl. Medan Merdeka Timur). Melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan sesuai pada saat seminar rancangan aktualisasi, walaupun ada sedikit penambahan kegiatan. Mengikuti rapat (disuruh sama atasan dan senior di tempat magang), membuat poster dan leaflet serta beberapa tugas yang diberikan atasan dan senior di tempat magang.
Diskusi bersama pegawai saat magang

Saya menyempatkan diri untuk beribadah di salah satu gereja di Jakarta. Kebetulan saya dari Toraja dan di Jakarta pun ada Gereja Toraja, jadi saya pun memilih gereja tersebut. Gereja Toraja Jemaat Kota yang berlokasi di Jalan Boulevard Gading Raya No.20, RT.11/RW.18, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Gereja ini memperlihatkan kekhasan dari Toraja sendiri, dengan bangunan yang berbentuk Tongkonan (rumah adat suku Toraja sekaligus rumah adat Provinsi Sulawesi Selatan). Waktu itu saya masih tinggal di Jalan Rancho Indah Dalam, saya menggunakan commuter line dari Stasiun Tanjung Barat menuju Stasiun Gondangdia, kemudian lanjut menggunakan ojek online. Sebelumnya saya telah janjian bersama salah seorang teman paduan suara pada saat di Makassar yang sedang melanjutkan pendidikan di Jakarta dan tak sengaja pula, saya bertemu dengan senior sewaktu SD. Ibadah yang kami ikuti pada saat itu ternyata dirangkaikan dengan peneguhan pendeta baru yang akan melayani. jadi ada acara ucapan syukur (makan-makan), dengan salah satu menunya adalah khas Toraja. Akhirnya saya bisa makan makanan  khas Toraja lagi

Tak ketinggalan waktu jalan-jalan dalam waktu 2 minggu tersebut menyusuri beberapa daerah di Jakarta, walaupun tak terlalu banyak. Hanya beberapa tempat yang saya kunjungi.

Kota Tua, salah satu pilihan saya walaupun saya sudah pernah ke tempat ini sebelumnya. Terletak di Kelurahan Pinangsia Kecamatan Tamansari Kotamadya Jakarta Barat. Tak sulit untuk mencapai tempat ini, banyak pilihan transportasi, mau naik kereta, bus way, transportasi online maupun kendaraan pribadi tinggal pilih yang mana. Kawasan ini menjadi salah satu tempat yang banyak diminati wisatawan, disekitarnya banyak tersebar pilihan wisata, seperti museum (Museum Wayang, Museum Fatahillah, dsb), wisata kuliner, wisata belanja, dan lain-lain.

Menuju  wisata belanja modern di Plaza Atrium terletak di Jalan Senen Raya No.135, Senen, Jakarta Pusat. Untuk mencapai tempat ini tak repot. Bisa menggunakan bus way turun di halte senen dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 3 menit atau naik transportasi online maupun kendaraan pribadi. Disini mau belanja apa saja ada, pakaian, eletronik, makanan, dsb. Bersama dengan teman magang dan teman kuliah, kami memilih makan di Food Colony yang berada di Lantai 4. Foos court ini memberikan pelayanan yang beda, jadi setiap orang yang ingin makan, sebelumnya harus membeli dan mengisi kartu voucer terlebih dahulu dengan biaya tergantung dari pelanggan. Setelah itu memesan makanan dan membayar dengan menggunakan voucher tersebut. Selesai makan, pelanggan bisa mengembalikan voucher dan mengambil uang kembalian (kalo saya tidak mengembalikan voucher dan mengambil uang kembali untuk kenang-kenangan).

Mengikuti kegiatan Persiapan Keberangkatan Angkatan 69 (PK-69) penerima beasiswa LPDP dengan tema “Pesta Wisata Bahari). Dilaksanakan selama seharian pada Sabtu, 4 Juni 2016 pukul 08.00 s/d 15.30 bertempat di Wisma Hijau Kampus Diklat Bina Swadaya, Jl. Raya Bogor KM. 30, Mekarsari, Cimanggis, Depok. Kalau tertarik mau baca tulisan tengan kegiatan ini, saya sudah memposting sebelumnya.
Ikut kegiatan Pesta Wisata Bahari PK-69

Buka puasa bersama senior. Menjalin hubungan antara alumni dan senior junior dari alamamater bahkan jurusan yang sama patut dilakukan bagi setiap orang. Begitu pun dengan kami alumni Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin. Bertempat salah satu rumah senior di Jl. Taman Sari Persada acara buka puasa berlangsung. Dari Stasiun Gondangdia menuju Stasiun Cilebut menggunakan commuter line dan lanjut dengan ojek online. Disini saya bertemu teman angkatan dan senior saya saat kuliah dulu. 

 Inilah beberapa perjalanan saya selama di magang di Jakarta

Setelah kegiatan off campus berakhir dan semua laporan sudah fix, maka saya (bukan hanya saya, tetapi semua teman prajabatan) pun kembali ke Balai Diklat Aparatur Sukamandi, Jawa Barat untuk mempresentasikan kegiatan selama magang.
Reaksi:

2 comments:

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts