12 July 2016



Salah satu tahapan yang diikuti oleh awardee LPDP adalah Persiapan Keberangkatan atau disingkat PK. Kegiatan ini menjadi tahapan untuk mempersiapkan diri bagi para penerima beasiswa. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam tahap ini adalah setiap angkatan mengadakan semacam kegiatan, seperti yang diadakan oleh PK-69 (Persiapan Keberangkatan Angkatan 69).
Balin Bahari

Kegiatan yang diberi nama “Pesta Wisata Bahari” dilaksanakan selama seharian pada Sabtu, 4 Juni 2016 pukul 08.00 s/d 15.30 bertempat di Wisma Hijau Kampus Diklat Bina Swadaya, Jl. Raya Bogor KM. 30, Mekarsari, Cimanggis, Depok. Kegiatan ini pun terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya sepeser pun alias gratis.
Pesta Wisata Bahari 
(Sumber : IG @balinbahari)

Sabtu, 8 Juni 2016. Saya pun menuju lokasi diadakannya Pesta Wisata Bahari oleh PK-69. Berangkat dari Jakarta (Stasiun Gondangdia) menggunakan commuter line ke Depok turun di Stasiun  kemudian naik ojek online menuju Wisma Hijau.

Setiba di Wisma Hijau sebuah gerbang dengan tulisan “Wisata Pesta Bahari” yang menggelantung menyambut setiap pengunjung. Registrasi pengunjung pun dilakukan untuk melihat seberapa banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, saya pun mengisi absen. Saya menuju stand Lomba Fotografi untuk menyerahkan hard copy foto yang saya ikutkan.
Gerbang Pesta Wisata Bahari


Saya pun berkesempatan untuk mengikuti kegiatan ini, berkat beberapa sosial media yang memberikan informasi terkait Pesta Wisata Bahari. Setidaknya saya mengikuti salah satu lomba yang diadakan di pesta ini, Lomba Fotografi. Lomba ini berlaku untuk umum dan gratis. Jadi setiap peserta yang ingin ikut, mengupload foto keindahan wisata bahari Indonesia  maupun foto orang (bukan foto narsis tapi foto human interest) ke instagram @balinbahari69. Tahapan lomba, upload dan voting foto (26 Mei – 1 Juni 2016), Pengumuman 10 Peserta Terbaik (4 Juni 2016), Pemilihan Langsung Juara 1 dan 2 (8 Juni 2016).
Lomba Fotografi 
(Sumber : IG @balinbahari)

Kebetulan saya memiliki foto keindahan wisata bahari Indonesia berjumlah 2 foto, sehingga saya pun mengikuti lomba tersebut. Adapun foto yang saya ikutkan dalam lomba yakni foto 3 Gili (Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Ayer) dari Udara, Lombok dan Font Box di Pulau Wundi, Biak. Saya pun berharap bisa menang.
Pulau Wundi


Keadaan sekitar lokasi kegiatan sangat ramai, beberapa masyarakat sekitar lokasi dengan penuh antusias dan semangat mengikuti setiap perlombaan, utamanya anak-anak. Beberapa perlombaan yang menjadi bagian dari pesta wisata bahari.


Lomba Mewarnai. Peserta dari lomba ini adalah anak-anak. Setiap anak-anak diberikan selembar kertas yang berisi gambar Balin Bahari yang sedang piknik ke pantai. Masing-masing anak-anak yang mengikuti lomba penuh semangat dan kreativitas masing-masing dalam memberi warna sesuai dengan keinginan mereka.
Lomba Mewarnai

Lomba Menangkap Ikan. Lomba ini diperuntukkan untuk anak-anak. Setiap anak di bagi ke dalam kelompok dan nantinya seorang anak yang menang akan melaju ke babak final. Setiap peserta membuat lingkaran dan ditengah lingakaran tersebut diletakkan ember kecil yang sudah berisi ikan dan setiap peserta sudah diberi ember sebagai wadah meletakkan ikan pada saat mengambil ikan ditengah lingkaran. Keseruan dan semangat anak-anak telihat dari lomba ini, dengan penuh kejelian dan kecepatan dalam menangkap ikan. Pemenangnya adalah anak yang dapat mengumpulkan ikan paling banyak.
Lomba Menangkap Ikan


Lomba Ular Tangga. Lomba ini seperti lomba ular tangga pada umumnya dengan sedikit modifikasi. Ular tangganya dari spanduk yang bergambar dan bertuliskan cara hidup sehat.  Peserta anak-anak yang dibagi ke dalam dua kelompok. Setiap kelompok, memilih seorang anak yang berperan sebagai pion dan seorang anak melempar dadu. Kelompok yang melempar dadu adalah kelompok yang dapat menajwab dengan cepat dan tepat soal yang diberikan oleh kakak PK-69. Disini anak-anak dilatih untuk berpikir dengan cepat, menguji pengetahuan anak-anak dan belajar dari setiap soal yang diberikan.
Lomba Ular Tangga

Lomba Makan Kerupuk. Lomba ini diperuntukkan bagi awardee PK-69. Beberapa awardee ikut dalam kegiatan ini yang didominasi oleh cowok. Kerupuk di gantung di pohon dan setiap peserta diberi waktu beberapa menit untuk memakan kerupuk tersebut. Peserta yang menyisakan kerupuk paling sedikit dialah pemenangnya.
Lomba Makan Kerupuk

Selain beberapa lomba di atas. Dalam kompleks tempat pelaksanaan Pesta Wisata Bahari terdapat beberapa stand.

Pojok Sembako Murah. Menjual kebutuhan rumah tangga yang pastinya hemat dan murah. Beberapa bahan rumah tangga yang dijual adalah beras, gula, mie instan, kecap, minyak dan sebagainya yang sudah dipaketkan dengan harga yang terjangkau.
Pojok Sembako Murah

Bazar. Menjual berbagai makanan dan minuman yang diikuti oleh ibu-ibu RW sekitar.
Bazar

Travel Fair Indonesia. Stand ini berisi informasi wisata dari beberapa daerah di Indonesia, seperti sumatera dan sulawesi (Sulawesi Selatan). Menjual beberapa souvenir ciri khas serta menyediakan makanan khas masing-masing daerah yang beberapa diantaranya dapat dicoba gratis dan beberapa lainnya dapat di beli.
Travel Fair Indonesia


Makanan Khas Sumatera

Kandaure, salah satu souvenir dari Toraja, Sulawesi Selatan

 
Pemeriksaan Kesehatan. Pemeriksaan kesehatan dilaksanakn oleh awardee yang memiliki pendidikan dokter. Adapun pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan kesehatan dasar, seperti pemeriksaan laboratorium (gula darah, asam urat dan kolesterol), konsultasi dokter, pembagian obat, edukasi kesehatan dan beberapa lainnya.
Pemeriksaan Kesehatan
 
Konsultasi Beasiswa LPDP. Terbuka untuk siapa saja yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang beasiswa LPDP. Baik dari cara mendaftar, persyaratan yang dilakukan dan tips sehingga bisa menjadi awardee.
Konsultasi Beasiswa LPDP
 
Setelah lomba. Dilanjutkan dengan pemberian hadiah bagi para pemenang. Saya pun yang mengikuti Lomba Fotografi kebagin rejeki mendapat hadiah berupa uang tunai. Untuk tidak mengecewakan anak-anak yang belum sempat juara PK-69 menyiapkan bingkisan yang dibagikan kepada semua anak yang terlibat dalam kegiatan ini.
Pemberian hadiah bagi pemenang
 
Di akhir kegiatan setiap angkatan yang hadir menampilkan apapun sebagai persembahan angkatan. Kebanyakan dari angkatan yang hadir menampilkan lagu angkatan mereka, beberapa menggunakan alat musi bahkan membawa alat musik sendiri, seperti biola. Penampilan terakhir di tutup oleh PK-69, Balin Bahari. 
Salah satu penampilan angkatan PK
 
Pesta Wisata Bahari yang keren dan seru. Berharap bisa menjadi salah satu awardee LPDP.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts