14 July 2016


Setelah backpackeran dari Semarang dan Yogyakarta. Melanjutkan kegiatan mengikuti diklat Prajabatan salah satu instansi pemerintah. Dikarenakan sebelum saya backpackeran, barang-barang saya titipkan ke teman di Jakarta, maka saya kembali ke Jakarta dulu sebelum menuju tempat pelaksanaan diklat prajabatan.

Pelaksanaaan Prajabatan di Balai Diklat Aparatur (BDA) Sukamandi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jl. Raya 2 Sukamandi, Ciasem – Subang, Jawa Barat. Diklat Pra Jabatan yang saya ikuti ini merupakan Angkatan VII dari VIII angkatan. Pra Jabatan terbagi menjadi dua tahapan, yakni On Campus di BDA Sukamandi dan Off Campus di tempat kerja atau tempat magang sesuai dengan unit kerja masing-masing. Tahapan On Campus Angkatan VII berlangsung dari tanggal 10 s/d 26 Mei 2016 dan 12 Juni s/d 15 Juni 2016 sedangkan tahapan Off Campus berlangsung dari  28 Mei s/d 11 Juni 2016.
Balai Diklat Apratur, Sukamandi

Tulisan ini akan menceritakan kegiatan kami selama On Campus

Tanggal 9 Mei 2016 pun, setelah dari Jakarta dan mengambil barang yang saya titipkan di teman sebelumnya, saya menuju Terminal Kampung Rambutan, Jakarta untuk mencari bus menuju BDA Sukamandi. Bus pun saya dapatkan dan sampai di Sukamandi sekitar jam 14.00. Beberapa peserta diklat lainnya yang sudah datang terlebih dahulu. Langsung registrasi dengan menyerahkan berkas yang telah disiapkan sebelumnya, kemudian menuju asrama untuk beristirahat sebelum melanjutkan kegiatan. Angkatan VII ini terdiri dari 35 orang dari KKP ditambah 1 orang dari BIN sehingga totalnya 36 orang yang berasal dari berbagai daerah, lokasi kerja tersebar dimana-mana, berbagai latar belakang pendidikan, memiliki sikap dan kebiasaan yang berbeda-beda pendidikan, tetapi kami di sini adalah satu. 
Peserta Prajabatan Angkatan VII

Apa saja kegiatan kami selama Prajabatan pada Tahap On Campus ini ??? Inilah beberap hal yang kami lakukan


Senam Pagi. Kegiatan yang sedikit mengganggu istirahat karena harus bangun pukul 05.00. berjalan kaki mengeliling sebagian area balai diklat sebagai pemanasan. Setelah itu melakukan senam yang di pandu oleh seorang instruktur cewek sekitar sejaman. Sehabis senam bersih-bersih dan sarapan.
Senam Pagi

Makan. Tradisi makan di prajabatan, menunggu semua peserta prajabatan, berbaris di depan pintu kantin, berhitung, peserta sudah lengkap baru bisa masuk ke dalam kantin mengambil makan. Setelah semua peserta mengambil makan dan duduk di tempat masing-masing, seorang peserta yang bertugas akan menjadi memimpin yang memberi komando duduk siap dan berdoa (ala militer). Selain itu, aturan bagi peserta saat makan tidak boleh pake celana pendek dan sandal (walaupun tradisi dan aturan ini tak selamanya kami patuhi).
 
Makan

Materi. Adapun materi yang kami dapatkan tentang nilai-nilai dasar Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi yang apabila di singkat menjadi “ANEKA”. Pemberian materi tidak monoton dengan pemaparan dari widyaiswara, tetapi ada beberapa modifikasi dengan memberikan tugas, baik individu maupun kelompok, diskusi dan tanya jawab, dan adanya yel-yel angkatan yang memberikan semangat bagi para peserta. Materi yang sedikit berbeda dari yang lain adalah Anti Korupsi, dimana dalam kegiatan ini peserta dibagi ke dalam kelompok dan masing-masing kelompok membuat film sesuai dengan tema yang telah diberikan dan membuat yel-yel dalam bentuk video, tak hanya itu di akhir pertemuan materi ini, sekitar pukul 12.30 baru materi kelar.
Penerimaan Materi

Diskusi Kelompok

Pembuatan Tuga Kelompok

Untuk mengurangi rasa jenuh para peserta selama diklat prajabatan, maka pengelola pun menyediakan beberapa fasilitas sebagai alternatif hiburan, seperti tempat karaoke, tempat olahraga (bowling, tenis meja, basket, futsal, tenis lapangan, bilyard), tempat fitness dan live music (di kantin).
Karokean

Kami pun tak tanggung-tangggung untuk mengurangi rasa bosan, kami menikmati fasilitas yang telah disedaikan. Bahkan malam harinya, jika tidak ada tugas kami nonton bareng (film horror).

Di akhir tahapan On Campus dan materi diklat telah selesai, peserta pun melaksanakan ujian tertulis dan presentasi rancangan aktualisasi yang berisi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pada saat Off Campus nantinya. Dalam presentasi ini, peserta didampingi oleh seorang mentor (berasal dari tempat aktualisasi) dan coach (berasal dari balai diklat), serta seorang penguji.
Presentasi Rancangan Aktualisasi

Setelah presentasi rancangan aktulisasi selesai, maka peserta pun melanjutkan tahapan diklat prajabatan ke Tahap Off Campus di baik di tempat kerja maupun magang masing-masing.
Cerita dan apa saja yang dilaksanakan pada saat Off Campus akan saya tulis di postingan selanjutnya……. 

Apa saja kegiatan kami selama Prajabatan pada Tahap On Campus ini ??? Inilah beberap hal yang kami lakukan
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts