26 February 2016


Inilah perjalanan dan petualangan, kebersamaan dan persaudaraan, rasa berbagi dan mengajar, canda dan tawa dari kami tim dan volunteer 1000_guru_kupang di TnT #4 SDN Rium, Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kami anak muda dan pastinya masih berjiwa muda yang menyukai dunia traveling, kini melakukan traveling dengan cara berbeda dan menyimpan kenangan di destinasi yang akan kami datangi, Pantai Rium.

 Tanggal 30 Januari 2016  perjalanan kami di mulai. Berangkat dari Kota Kupang (tepatnya di daerah TDM) menuju SDN Rium dengan waktu tempuh sekitar 3 jam menggunakan truk TNI AL. Perjalanan kami ditemani jalanan yang berliku-liku, berbatu dan berdebu. Tetapi kami tetap semangat.


Akhirnya sampai juga di SDN Rium dengan selamat.


Penyambutan dengan menggunakan adat NTT. Beberapa murid SDN Rium menari ke arah kami dengan memakai pakaian adat dengan dandanan seadanya. Salah seorang membawa nampan berisi selempang yang akan di kalungkan ke kami para volunteer, tim dan beberapa rombongan yang hadir bersama kami

Ada 3 ruangan kelas dengan kondisi yang memprihatinkan. Beratap daun, berdinding kayu dan beralaskan tanah. Papan yang digunakan masih menggunakan papan hitam dengan alat tulis kapur.

Acara pembukaan berlangsung dengan lancar. Beberapa sambutan disampaikan oleh beberapa pihak, seperti founder 1000_guru, Kak Jemi Ngadiono.

Selingan pembukaan dengan penampilan murid. Ada yang menyanyi, menari, drama dan puisi. Semangat mereka tidak pudar dengan kondisi sekarang.
Beberapa donasi yang diberikan, seperti sepatu dan tas, buku tulis, alat peraga dan buku bacaan.
Santapan makan siang sudah menunggu. Setelah pembukaan, lanjut makan siang sebelum memulai kegiatan berikutnya. Masakan daging sapi yang diolah dengan bahan yang sederhana dan makanan khas Kupang, Jagung Bose menjadi menu makan siang kami.

 Para volunteer, tim dan murid berkumpul di lapangan sekolah yang luas. Mendapat pengarahan...
Demo kebersihan gigi dari Wendi salah seorang volunteer yang berprofesi sebagai dokter. Memberi penjelasan kepada murid cara menyikat gigi yang baik dan benar serta perlunya menjaga kesehatan gigi dengan rutin menyikat gigi 2 kali sehari.
Alat peraga yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas 6. Salah satunya pohon profesi, dimana para murid menulis nama dan profesi yang diinginkan, kemudian menjelaskan di depan setelah itu di tempel.
Pemberian donasi dalam kelas. Berbagi itu indah. Berbagi dengan orang yang membutuhkan. Jika engkau belum mendapatkan mujizat, jadilah mujizat bagi orang lain (Petikan kata dari Nick Vujicic). 

Bermain games bersama murid SDN Rium. Menambah semangat dan rasa kebersamaan. Menciptakan keceriaan di wajah mereka.
Kesehatan adalah sesuatu yang penting dalam mendukung pendidikan anak-anak. Maka dari itu, selain mengajar dan pemberian donasi. Pemeriksaan kesehatan murid pun dilaksanakan oleh tim kesehatan. Pemeriksaan meliputi telinga, tinggi dan berat badan, dan sebagainya
Pelepasan lampion di malam hari. Gantungan cita setinggi mungkin dan lakukan sesuatu untuk mencapai cita-cita tersebut dan menjadi terang di tengah-tengah kegelapan seperti lampion.
Tanggal 31 Januari 2016. Kegiatan treveling ke Pantai Rium di mulai. Jarak sekitar 3 km dari lokasi sekolah, setidaknya waktu tempuh yang tidak terlalu lama menggunakan truk TNI AL. Jalan berkelok-kelok, berbatu dan berdebu masih menemani perjalanan kami.
Tak ketinggalan games bagi para volunteer dan tim, seperti games KPK dan tarik tambang. Memupuk kerjasama dan kebersamaan diantara kami.
Pemandangan Pantai Rium. Pantai landai, pasir cokelat dan beberapa perahu nelayan tertambat di sekitar pantai. 


Mendaki bukit, menelusuri hutan dan menuruni lembah. Saling membantu dan memberi semangat terlihat disini, menjadi teman, sahabat bahkan keluarga baru.


Kami berkumpul melepas lelah dan mendapat pengarahan dari tim. Duduk dengan alas seadanya dan di sini kami tidak memandang status karena kami memiliki satu tujuan dan satu prinsip traveling sambil berbagi.

Kedatangan kami semoga memberi semangat dan motivasi. Berjuang untuk sebuah profesi yang akan mereka capai demi kehidupan yang lebih baik bagi mereka sendiri, keluarga bahkan lingkungan mereka. Senyuman yang terpancar dari wajah murid adalah kebahagian kami.
 

Mari membuat traveling kita lebih bermakna dan berkesan dengan membantu orang di sekitar destinasi wisata yang akan kita jalani. Membantu pendidikan bagi mereka dalam bentuk apapun, memberi motivasi, membagi pengalaman, menularkan ilmu ataupun menyisikan sedikit rejeki yang kita terima. Mungkin bagi kita hal yang kita berikan hanya sedikit, tetapi bagi mereka itu hal yang sangat banyak. 

Salam dari tim dan volunteer TnT #4 1000_guru_kupang....
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts