07 January 2016

Balai kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang tempat saya bekerja merupakan unit pelaksana teknis (UPT) dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dari namanya saja, kalian pasti tahu kalau pekerjaan ini berhubungan dengan perairan laut. Iya benar… Sebagian besar dari program kerja BKKPN Kupang ada hubungannya dengan sumber daya alam maupun sumber daya manusia di laut, seperti monitoring terumbu karang, lamun dan setasea seperti yang telah saya cerita di tulisan sebelumnya.
  
Basic Sea Survival Training

Karena bidang pekerjaan berhubungan dengan laut, maka BKKPN Kupang memiliki salah satu program bernama Basic Sea Survival Training (BST) atau kalo diterjamahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih memiliki arti pelatihan dasar bertahan hidup di laut. Ini sangatlah bermanfaat bagi pegawai di kantor apabila melakukan kegiatan di laut, sehingga sudah mengetahui tindakan yang akan diambil ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
 
Hotel Grand Legi Mataram
BST ini dilaksanakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan materi dan praktik di kolam. Tempat pelaksanaan untuk materi dilakukan di Hotel Grand Legi Mataram, sedangkan untuk praktik di Dewi Anjani Waterpark.


Peserta dari Kupang temasuk saya, berangkat dari Kupang transit di Bali kemudian ke Lombok. Dikarenakan waktu transit yang tidak begitu lama, kami hanya menunggu di sekitar bandara I Gusti Ngurah Rai sambil menikmati makan siang dengan menu Ayam Betutu. Makanan khas Bali, dimana terdapat dua pilihan, ayam betutu goreng atau ayam betutu kuah. Makanan ini dilengkapi sambal, bawang goreng, sayuran dan kacang tanah.
      
Ayam Betutu

Selain BST, juga dilakukan Asessment yang diselenggarakan oleh bagian kepegawaian Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan yang membawahi UPT BKKPN Kupang. Kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dimaksudkan untuk melihat kemampuan dan kecenderuangan para pegawai lingkup KKP. Asessment tersebut meliputi tes psikologi, wawancara terkait pekerjaan dan FGD (Focus Group Disscussion), dimana dalam FGD ini masing-masing peserta memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan. 

Di sela-sela berjalannya dan setelah selesainya kedua kegiatan tersebut, saya dan beberapa peserta lainnya dapat memanfaatkan waktu yang ada untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Lombok...

Nonton Film di Lombok Epicentrum Mall. Mall yang terletak di Jl. Sriwijaya No. 333. Karena di Kupang masih belum tersedia bioskop, jadi saya dan teman-teman mengunjungi mall ini hanya sekedar nonton dan film pilihan kami adalah Spectre yang merupakan lanjutan tepatnya judul ke-24 dari seri film James Bond. Harga masuk sekitar Rp. 50.000.
 
Lombok Epicentrum Mall

Praktik BST di Dewi Anjani Waterpark. Setelah materi BST di kelas selesai, saatnya praktik di luar. Kali ini Dewi Anjani Waterpark yang terletak di Jl. Sonokeling, Lingsar, Kec. Mataram menjadi tempat yang cocok untuk melakukan praktik BST. Peserta dibagi ke dalam 3 kelompok dan masing-masing kelompok mempraktikan apa yang telah didapatkan di dalam kelas, seperti bagaimana saat kapal tenggelam untuk menyelamatkan diri dan orang lain.

 
Dewi Anjani Waterpark 

Berkunjung ke Kantor Satuan Kerja (Satker) TWP Gili Matra. Salah satu wilayah kerja BKKPN Kupang adalah TWP Gili Matra sehingga terdapat kantor pengelola yang terletak di Jl. Raya Pemenang-Bangsal, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara. 
 
Kantor Satker Pengelola TWP Gili Matra

Gili Meno. Menjadi salah satu dari 3 pulau yang masuk ke dalam kawasan konservasi TWP Gili Matra. Terletak di Gili Indah, Pemenang Lombok Utara. Sebagai kawasan konservasi daerah ini memiliki demplot penyu yang dikelola oleh satker TWP Gili Matra. Selain itu, di pulau ini terdapat danau air asin yang terletak di tengah pulau. Banyak kegiatan wisata yang ada dapat dilakukan, seperti snorkling, diving dan lain-lain. Untuk fasilitas penginapan tidak perlu khawatir disini tersedia beberapa hotel.
Gili Meno 

Gili Trawangan. Menurut salah seorang warga nama Trawangan diambil dari kata terawang. Terawang dilakukan Belanda pada saat menduduki pulau ini dari atas bukit pulau. Jarak yang tidak jauh dari Gili Meno dan masih menjadi kawasan konservasi TWP Gili Matra. Pulau ini lebih ramai dibandingkan dengan Gili Meno, terdapat banyak hotel dan penginapan lainnya yang tersedia, restoran dan cafe, tempat refleksi dan spa. Untuk mengelilingi pulau ini anda bisa berjalan kaki atau menyewa sepeda. Aktivitas yang dapat di lakukan di Gili Trawangan, seperti berenang, snorkling, diving, bersepeda keliling pulau, berjemur, dan lain-lain. 
 
Gili Trawangan

Beli Ole-ole di Gandrung Lombok dan Phoenix 2. Tak lengkap bila belum mengunjungi tempat untuk membeli oleh-oleh khas lombok. Kedua tempat ini menjadi referensi oleh-ole di Lombok. Gandrung Lombok terletak di Jl. Raya Meninting-Batu Layar, sedangkan Phoenix 2 berada di Jl. A. A. Gede Ngurah-Mataram. Kedua tempat ini menawarkan berbagai macam ole-ole khas Lombok, mulai dari pakaian, kain, sarung, gantungan kunci, makanan, sampai mutiara lombok.
 
Gandrung Lombok

 
Phoenix 2

Beli Buah di Arena Buah. Terletak di Jl. Jayenggrana-Cakranegara, disini tersedia berbagai macam buah-buahan, seperti apel, buah naga, pisang, dan sebagainya. Selain itu, anda dapat membeli durian ataupun menikmati langsung ditempat.
 
Arena Buah

Makan Mie Ayam Hijau. Wisata kuliner ini berada di Jl. Panca Usaha. Pada umumnya ketika makan mie pasti warnanya putih, namun di tempat ini, mie yang ditawarkan berwarna hijau dan ini dia yang menjadi ciri khas. Anda perlu mencoba...
 
Mie Hijau

Karena kami dari Lombok harus transit di Bali sebelum menuju Kupan, maka saya berkesempatan untuk mengunjungi Krisna. Disini tersedia berbagai macam oleh-oleh khas Bali, seperti baju, kain, tas, makanan, dll. 
 
Krisna

Inilah kegiatan yang saya lakukan di Lombok, sekaligus ber-adventure di beberapa destinasi wisata...
Lombok harus menjadi salah satu pilihan wisata bagi anda untuk menikmati keindahan yang ditawarkan oleh alam Lombok..

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts