21 November 2015

Bali... Kata yang tak asing bagi kita masyarakat Indonesia bahkan penduduk di luar Indonesia. Mendengar kata Bali pasti kita teringat akan pantainya, Pantai Kuta atau tariannya, Tari Kecak. Siapa yang tidak tahu Bali ??? Siapa yang tidak ingin ke Bali ??? Salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia dan sudah terkenal ke seantero dunia. Semua orang ingin mengunjungi tempat ini, tidak hanya mendengar cerita dari orang lain, tetapi melihat Bali lebih dekat.
 
Salah satu patung jalan di Bali 

Kesempatan saya untuk mengunjungi Bali akhirnya datang juga tepat pada hari Minggu, 27 September 2015. Kesempatan ini bermula ketika adanya kegiatan Lokakarya Penyusunan Roadmap dan Rencana Kerja Pengelolaan KKPN pada Wilayah Kerja Balai KKPN Kupang yang dilaksanakan di Makassar. Setelah kegiatan selesai dan akan kembali ke Kupang karena tidak ada pesawat yang langusung dari Makassar ke Kupang sehingga harus transit di Surabaya atau Bali. Konsultan yang menjadi penanggung jawab kegiatan memilih tempat transit di Bandara I Gusti Ngurahrai,Bali. Ini rejeki buat saya untuk dapat mengunjungi Bali pertama kali.
 
Kondisi jalan di Bali

Karena pesawat transit hanya 5 jam, jadi kesempatan saya untuk berpetualang di Bali setidaknya 5 jam atau kurang. Mungin anda berpikir waktu 5 jam terlalu singkat. Bagi saya dalam berpetualang tidak ada kata waktu singkat yang penting bagaimana memanfaatkan waktu singkat untuk berpetualang. Dan mungkn anda berpikir tidak cukup 5 jam untuk melihat destinasi wisata yang ada. Nah... Walaupun waktu yang singkat maka di sini dibutuhkan manajemen waktu dan pintar-pintarnya untuk mengunjungi sebanyak-banyaknya destinasi wisata. Kesempatan 5 jam tidak saya sia-siakan begitu saja. Berkat teman saya (Kak Karina Pumpun) yang menjemput saya di bandara dan mengantar keliling Bali akhirnya setidaknya saya mengunjungi beberapa destinasi wisata di Bali dan yang pasti tidak jauh dari bandara.....

Pantai Kuta.  Siapa yang tidak tahu pantai ini ??? Iya semua orang pasti tahu dan pastinya tidak lengkap bila tidak mengunjungi tempat ini ketika ber-adventure ke Bali, salah satu icon destinasi wisata. Terletak di Kecamatan Kuta, Kabuapten Badung, Bali. Pasir putih, lingkungan yang bersih, ombak yang pas untuk surfing menjadi daya tarik pantai ini. Banyak wisatawan berkunjung kesini hanya untuk berjemur, melihat ombak Kuta, bahkan belajar surfing. Kesempatan bagi penduduk lokal untuk mengais rejeki, menjual makanan, jasa pijat, sewa alat surfing dan lain sebagainya. Tidak ada pungutan tiket masuk ke Pantai Kuta, hanya biaya parkir kendaraan saja.
 
Pantai Kuta

Hard Rock Hotel. Bukan destinasi wisata, tetapi sebuah hotel yang terletak di Jl. Pantai Kuta, Banjar Pande Mas, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Teman saya (Kak Karina Pumpun) mengatakan salah satu sisi hotel ini menjai tempat yang dimanfaatkan oleh wisatawn untuk berfoto. Papan selancar berwarna dasar pink berdiri tegak dan tulisan Hard Rock Hotel menjadi background yang keren untuk mengambil gambar.
 
Hard Rock Hotel

Monumen Bom Bali. Terletak di Jl. Legian, Kabupaten Badung. Monumen ini didirikan untuk mengenang para korban Bom Bali I pada tanggal 12 Oktober 2015. Pada monumen ini tercantum nama-nama berserta kewarganegaraan korban yang meninggal berjumlah 199 orang. Warganegara Australia yang paling banyak menjadi korban, yaitu 88 orang, kemudian Indonesia 38 orang, Inggris 24 orang, Amerika 7 orang, German 6 orang, Swedia 5 orang, Belanda dan Prancis masing-masing 4 orang, Swiss dan Denmark 3 orang, Canada, Afrika Selatan, Jepang, Brasil, Korea dan Selandia Baru masing-masing 2 orang, Italia, Portugis, Polandia, Yunani, Equador, dan Taiwan masing-masing 1 orang.
 
Monumen Bom Bali 

Bali Nadi Jaya. Wisata kuliner terletak di Jl. Kubu Anyar I, Keborokan, Kuta. Tersedia makanan untuk masyarakat non muslim. Menu utama adalah b*** guling dan beberapa menu olahan lainnya. Ngomongin harga, saya kurang tau karena saya ditraktir. Hehehe. Tapi intinya puas deh kalo berkunjung ke tempat ini. Ayo pecinta kuliner, tempat ini wajib anda kunjungi.
 
Warung Bali Nadi Jaya
 
Joger. Destinasi wisata belaja favorit di Bali terletak di Jl. Raya Kuta. Tempat ini terkenal dengan pabrik kata-kata baju kaos. Baju di design sedemikian rupa unik dan pastinya ketika orang membaca akan terasa kagum dengan nilai kehidupan dari setiap kata-kata yang terpampang di baju-baju joger. Tidak hanya menyediakan baju sebagai buah tangan, joger juga menyediakan berbagai pernak-pernik yang sebagian besar bernuansa Bali dan berciri khas Joger, seperti tas, sendal, gantungan kunci, mug dan masih banyak lagi. Bicar soal harga sesuai dengan kualitasnya.
 
Joger

Discovery Shopping Mall. Destinasi wisata belanja modern dan panorama yang indah berada di Jl. Kartika Plaza, Kuta, Kabupaten Badung. Saya berkunjung ke sini bukan untuk berkeliling mall, tetapi untuk melihat sesuatu di balik mall. Ternyata di depan telihat seperti mall dan ketika masuk menyusuri sampai ke belakang, maka tampak pemandangan laut yang indah sudah mengunggu para wisatawan, mall yang terletak di pinggir laut.
 
Discovery Shopping Mall

Pantai di belakang Discovery Shopping Mall 

Pantai Segara. Pantai pasir putih yang berdekatan tetapi tidak seramai Pantai Kuta,walaupun demikian pantai di Kelurahan Kuta, Kabupaten Badung ini tak kalah keren dari Pantai Kuta. Hanya beberapa wisatawan yang berada di sekitar pantai ketika saya mengunjungi pantai ini. Ombak yang sedikit tenang dan kapal nelayan yang sedang berlabuh di sekitar pantai menjadi daya tarik dan inilah yang membedakannya dengan Pantai Kuta.
 
Pantai Segara
 
5 jam berpetualang di Bali, inilah tempat wisata yang sempat saya kunjungi. 5 jam memang tidak cukup untuk mengeksplor Bali. Tetapi 5 jam memberi kesan yang sungguh luar biasa bagi saya tentang bagian kecil dari Bali. 5 jam membuat saya ingin kembali menginjakkan kaki di Bali.

Semoga ada waktu dan rejeki untuk kembali berpetualang di Bali dan tentunya lebih dari 5 jam kalau bisa beberapa hari. Hahahaha.... Ya baru ingat ternyata semua tempat wisata yang saya kunjungi di atas, tidak memungut tiket masuk, salut untuk Bali.

Tak lupa terima kasih untuk Kak Karina Pumpun yang telah meluangkan waktu untuk mengantar berkeliling Bali. Terima kasih untuk waktu 5 jam-nya kak.

Sisi lain dari Bali.....




 
Vihara Dharmayana Kuta

 
Kondisi jalan di Bali

 
Bali Garden

 
Waterbom Bali

 
Wisatawan di Bali

 
Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius


 
Wisatawan
Eksplor and Save Bali...
Visit Bali...
Bali Wait Me...
Reaksi:

3 comments:

  1. weww.. 5 jam luar biasa. segitu banyak yg dikujungi? kak Nia toh guidenya yah. Thanks referensinya. :D

    ReplyDelete
  2. Jangan lupa baca yang lain ya ...:):):):)

    ReplyDelete

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts