13 February 2017

Satu lagi rangkaian acara Lovely December 2016 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kab. Tana Toraja yang sangat didukung oleh masyarakatnya untuk mempromosikan keunikan dan kekayaan wisata Toraja sehingga orang berbondong-bondong untuk datang ke Toraja. Kalo sebelumnya saya telah mengikuti dan memposting Glow In The Dark, Toraja Night Run sebagai salah satu rangkaian acara Lovely December, kali ini pun saya akan melanjutkan perjalanan saya mengikuti Lovely December.
Toraja Color Run (Sumber : IG color_run_toraja_2016)

Toraja Colour Run 2016, inilah kegiatan yang sempat saya ikuti. Berbeda dengan Toraja Night Run. Apanya yang beda ??? Mungkin itulah pertanyaan yang muncul di benak kita…. Iya acara ini pastilah berbeda, dari waktu dan tempat pelaksanaan sudah pasti berbeda. Toraja Night Run dilaksanakan malam hari, sedangkan Toraja Colour pagi hari. Kalo Toraja Night Run memiliki beberapa pilihan pack, Toraja Colour Run tak memiliki pilihan paket. Harganya pun lebih murah Color Run toraja dibanding Toraja Night Run. Karena harganya yang berbeda, pasti isi paketnya berbeda pula. Tiket Toraja Colour Run dibandrol Rp. 85.000 dengan isi paket berupa T-Shirt, Fun Glasses, Colour Pack, BIB Number, Bracelet, Water Gun (sayang pas ambil paket, gak ada), Headband, Sticker dan Mini Bag. Paling unik, headband berupa kain motif Toraja yang memberi nuansa dan ciri khas Toraja.
Ini package Toraja Colour Run (Sumber : color_run_toraja_2016)

Kali ini untuk ikut Toraja Colour Run bisa dikata lebih sedikit terencana, jauh-jauh hari sudah mencari informasi waktu dan tempat pelaksanaan, tempat pembelian tiket, tempat pengambilan paket dan sebagainya. Tak ketinggalan saya menghubungi beberapa teman semasa SMA dulu, siapa tau ada yang bisa ikut. Jadi saya tak sendirian, seperti saat Toraja Night Run untung ketemu teman SMP di lokasi. Hasilnya, 3 orang (Fren, Tirsa, Nelsis) bersedia untuk ikut….

Saatnya beli tiket…. Informasi dari akun Instagram color_run_toraja_2016, waktu pelaksanaan 30 Desember 2016, tiket box bisa beli di Warkop Infar Pantan. Sehari sebelum hari, H-1, saya menuju tempat pembelian tiket plus membeli tiket titipan kedua teman saya. Setelah membeli tiket, saya masih sempat ke Kota Makale, kemudian lanjut untuk penukaran tiket di sekitaran Kasimpo (tepatnya di sekret Serikat Pemuda Toraja). Kemudian kembali ke Kota Makale untuk memberikan paket Toraja Colour Run ke salah satu teman, mumpung dia juga ke kota.

Kembali ke rumah… Esok hari bersiap untuk ikut Toraja Colour Run 2016 sekalian olahraga pagi, jogging dengan sensasi yang berbeda.

Informasi yang tertera pada tiket, mulainya jam 6 pagi, bangun jam 5 tapi kalau di Toraja itu masih gelap. Jadinya berangkat  sekitar setengah 6. Rutenya start dari Kantor Bupati Tana Toraja dan Finish di Plaza Kolam Makale. Sampai di lokasi peserta masih sedikit, jadi saya menuju Kolam Makale untuk parkir motor daripada bolak balik, sekalian ketemu 2 teman lainnya untuk memberi race pack. Motor di parkir di sekitan kolam, kemudian naik angkot menuju garis start.
Peserta

Tiba di lokasi start, peserta lumayan banyak yang datang tetapi larinya belum di mulai. Mungkin ngaret sekitar 1 jam. Setelah peserta sudah banyak yang datang dan panitia sudah siap, Toraja Colour Run pun di mulai.

Seperti pada pelaksanaan Toraja Night Run, kebanyakan peserta termasuk saya, bukannya lari malahan jalan, bisa pun disebut Colour Walk Toraja. Mungkin karena pertimbangan jalanan masih diperbaiki, banyak debu dan macet sehingga kebanyakan peserta memilih untuk jalan kaki.
Let's goooooo

Ditengah-tengah Colour Run, panitia menaburkan colour pack berwarna warni. Ada merah, kuning, biru dan hijau. Inilah yang menjadi lari golongan ini berbeda dengan lari lainnya, ada warna warni di lari ini yang menambah semarak dan kemeriahan. Para peserta pun berlomba-lomba untuk mendapatkan taburan warna-warni yang banyak, tetapi beberapa peserta menghindar dari taburan.
Taburan Colour Pack

Peserta yang ikut dari berbagai golongan, laki-laki, perempuan, anak-anak, orang muda, orang tua maupun lanjut usia (ada seorang kakek sekitar 80 tahun) pun datang untuk menikmati nuansa dan meramaikan Toraja Colour Run 2016. Peserta pun datang dengan berbagai gaya, ada yang memakai celana jeans panjang dan pendek, legging, celana olahraga dan sebagainya, tak ketinggalan model baju yang telah dibagikan peserta diubah dengan penuh kreasi, ada yang menghilangkan kerah baju, memotong lengan, menggunting ujung baju seperti pita-pita dan sebagainya.
Peserta dengan berbagai style

Kami memasuki di garis finish dengan tidak begitu capek dan keringatan, kebanyakan jalan. Sudah banyak peserta yang tiba sebelum kami. Peserta pun di sambut dengan performance DJ Rineez Devi dari Jakarta yang memang disiapkan panitia sebagai pengisi acara, memberi nuansa yang lebih semarak dan meriah. Sebelumnya peserta di ajak untuk Senam Maumere diiringi DJ lewat lagu Gemu Fa Mi Re yang sudah terkenal di Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan iringan DJ Rineez yang otomatis mengajak semua peserta untuk bergoyang.
Bapak Syahrul ikut bergoyang

Bapak Syahrul dan Bapak Nicodemus

Tak sampai disitu, kejutan pun di dapat oleh peserta karena kehadiran orang nomor 1 di Sulawesi Selatan, Bapak Syahrul Yasin Limpo (Gubernur SulSel) dan orang nomor 1 di Tana Toraja, Bapak Nicodemus Biringkanae (Bupati TaTor). Tak hanya datang, tetapi kedua orang penting di SulSel ini ikut dan tak segan-segan bergoyang bersama peserta menikmati alunan lagu dari DJ Rineez. Selain itu, mereka pun memberi hadiah bagi para peserta yang pertama naik ke atas panggung dan menjawab pertanyaan dengan benar. Setelahnya, mereka berdua meninggalkan lokasi Toraja Colour Run 2016.
Let's dance with DJ Rineez

Peserta pun lanjut bergoyang bersama. Panitia pun tak kehilangan akal untuk membuat suasana lebih kreatif, peserta pun disuruh untuk ikut, Mannequin Challenge yang saat ini sedang blooming. Dengan bantuan drone yang telah disiapkan panitia untuk menangkap setiap moment challenge. Peserta pun mengikuti arahan dari MC, walaupun beberapa kali diulang-ulang karena beberapa peserta masih bergerak, tetapi akhirnya Mannequin Challenge pun berhasil.  Taburan warna warni pun menemani peserta sambal bergoyang.

Setelah semua acara selesai dan pembagian door prize, peserta pun meninggalkan lokasi. Tetapi sebelumnya tak lupa untuk mengabadikan moment ini lewat beberapa jepretan kamera, setiap moment harus diabadikan.
Peserta in frame

Inilah keseruan kami, di Toraja Colour Run 2016. Inilah rangkaian Lovely DEcember 2016 di Toraja. Semoga semakin banyak orang yang datang ke Toraja untuk menikmati wisata yang sungguh mempesona, tak kalah dengan daerah lain.

Ayo ke Toraja. I'm proud be a Torajanese.
Toraja Colour Run 2016

Reaksi:

14 comments:

  1. Iya mas Edy. Acara.x ramai.. Apalagi ada bpk Gubernur Sulawesi Selatan dan Bupati Tana Toraja plus D Rineez

    ReplyDelete
  2. Ramai sekali ini mas, baju putihnya jadi berwarna..hehe
    Kalau ada disitu, gimana ya rasanya. Pasti seru abis tuh..

    Salam kenal ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas... Ramai banyak yg ikut dari anak-anak sampe lansia... Apalagi ada DJ Rineez... Tambah seru dah...

      Salam kenal juga

      Delete
  3. Seru banget blm pernah ikutan acara kek beginian :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke Toraja klo mau ikutan... Hehehe... Bulan Desember ini kmungkinan ada lagi... Persiapkan smua.x sja

      Delete
  4. wah! Meriah bangat acara larian ini. Mahu aja saya ikut serta. Saya udah follow back blog mas ye..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meriah mas.... K Toraja aja klo mau ikut... Bulan Desember

      Delete
  5. Asik bener nih kayanya kwkwkw. Ane gkpernah ikutan kaya gini. Lain kali mungkin bisa coba hehe

    Dah di folbek kang. Sankyou

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata di toraja ada juga ya acara macam ini... Lebih seru bahkan sepertinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas ada... Ini rangkaian acara lovely december 2016... Klo mau ikutan tahun ini bisa...

      Delete
  7. Keren nih acaranya. Pernah ikutan kayak gini juga tapi di Makassar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren mmg mas... Harus ikut yg d Toraja, sekalian explore wisata toraja

      Delete

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts