01 March 2016

“Lari Sensasional” tema yang diangkat pada lomba Airport Running Series 2015-2016. Entah mengapa sensasional terselip dalam nama lari ini. Tanggal 13 Februari 2016 saya bersama beberapa teman kantor mengikuti lomba ini. Bertempat di sekitaran jalan dekat Bandara El Tari, Kupang.
Spanduk/Stand foto

Airport Running Series 2015-2016 ini merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Angkasa Pura yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pengelolaan Bandar Udara sehingga tidak salah jika lomba ini dilaksanakan di bandara ataupun tidak jauh dari bandara.

Kegiatan adalah rangkaian dari peringatan hari jadi Angkasa Pura sekaligus untuk mempromosikan wisata di beberapa daerah di Indonesia. Lari Sensasional di Kupang ini adalah lokasi ke 3, yang sebelumnya telah dilaksanakan di Solo dan Lombok masing-masing pada tanggal 20 Desember 2015 dan 24 Januari 2016. Satu lagi kota yang akan melaksanakannya adalah Manado pada tanggal 19 Maret 2016 mendatang.
Peserta Lari Sensasional

Lomba terbagi menjadi 3 kategori, yaitu 2,5K untuk keluarga sehat, 5K untuk publik dan 10K untuk publik dan atlet profesional. Melihat informasi di internet dan beberapa media sosial ditambah salah seorang panitia adalah temannya teman kantor, saya dan beberapa teman mendaftar. Harga pendaftaran sebesar Rp. 50.000/orang free T-Shirt, Race ID, Chip RFID, Medali dan Official Fruit. Dengan pertimbangan kalau 10K terlalu jauh dan 2,5K terlalu dekat. Maka saya pilih kategori tengah-tengahnya saja 5K.

Pagi harinya saya dan teman kantor berangkat ke Bandar Udara El Tari sebagai titik kumpul dan start. Sesampai disana sudah banyak orang yang telah berkumpul dan bersiap-siap. Kategori 10K yang akan pertama berlomba berselang beberapa menit baru kategori 5K dan berselang beberapa menit 2,5K.
Berfoto bersama badut

Kesempatan untuk berkeliling dan memotret apapun yang dapat dijepret. Terlihat beberapa peserta menggunakan kostum yang unik, ada yang memakai pakaian adat NTT, pakaian badut dan kostum seperti burung yang memiliki sayap. Terlihat di sudut-sudut parkiran bandara berdiri stand bazar yang menyediakan makanan, ada panggung besar yang diatasnya diletakkan beberapa doorprize, ada juga panggung kecil berlatar spanduk “Lari Sensasional” Airport Running Series 2015-2016 sebagai tempat untuk berfoto.
Stand Bazar 

Puas berjalan-jalan saya kembali ke titik start. Tak lama peserta 10K memulai lomba dan berselang beberapa menit kategori yang saya ikuti 5K pun dilepas dan menyusul kategori 2,5K. Peserta lomba dilepas langsung oleh gubernur NTT.
Foto bersama peserta kostum unik

Jarak yang sebenarnya tidak terlalu jauh hanya 5K, tetapi menguras cukup tenaga. Saya sempat mengambil gambar peserta lainnya. Masyarakat sekitar tidak ketinggalan untuk melihat lomba ini. Di beberapa titik sudah menunggu official yang menyediakan air untuk para peserta. Setelah setengah jarak ada official yang telah menyiapkan air dan pita berwarna biru yang akan diberikan kepada peserta setelah tiba di setengah jarak yang diperlombakan (5K) yang akan ditunjukkan kepada official yang berada di titik finish bahwa peserta tidak curang.
Peserta sementara lari

Terlihat selama berlari ternyata sudah ada peserta 10K yang mendahului, mungkin mereka adalah atlet profesional, jadi tidak perlu diragukan lagi. Saya tidak tau persis berapa waktu yang saya butuhkan untuk sampai di garis finish, tetapi menurut saya mungkin lebih dari 1 jam. Sesampai di garis finish beberapa official telah menunggu untuk mengalungkan medali. Saya menuju tempat untuk mengambil official fruit dan tahukah anda apa itu, Pisang... Hahaha...
Pengalungan medali

Setelah sebagian peserta telah finish dan masih beberapa yang berjuang mencapai garis finish. Acara dilanjutkan dengan berjoget ria dan pembagian doorprize. Ada kompor gas, kipas angin, motor dan masih banyak lagi.
Panggung

Di akhir kegiatan dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dari masing-masing kategori. Untuk kategori 2,5K, peserta yang memenangi lomba tidak hanya dilihat dari cepatnya mencapai garis finish, tetapi juga kostum yang digunakan harus unik dan berbeda dari yang lain. Pemenang dari kategori ini adalah seorang wanita yang memakai kostum seperti burung dilengkapi dengan sayap.
Pemenang Kategori Kostum (2,5K)

Untuk kategori 5K dan 10K pastinya dilihat dari peserta yang paling duluan mencapai garis finish. Pastinya yang menang di kategori ini, tidak bisa dipungkiri bahwa mereka adalah atlet profesional. Sebagian peserta yang meraih juara adalah peserta yang berasal dari luar NTT. Seperti peserta asal Jakarta dan Jawa Timur.

Lari sensasional terselip mungkinkah karena.... Lokasi pelaksanaan sekitaran jalur bandara ...atau... Salah satu kategorinya menilai dari kostum peserta yang sensasional dan unik ...atau... Official fruit, PISANG yang sensasional ...atau... hadiah dan doorprize yang sensasional. Entahlah...
Dapat medali

Bukan soal namanya atau juaranya, melainkan yang terpenting bisa mencapai garis finish, menikmati lomba ini dan pastinya berolahraga.....
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts