28 October 2015

Perjalanan hidup saya berlanjut ke salah satu daerah bagian timur Indonesia tepatnya di Kupang dan sekitarnya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Setelah selesai orientasi kantor di Jakarta dan orientasi lapangan di Lombok, setiap pegawai baru Kementerian Kelautan dan Perikanan di sebar ke tempat tugas masing-masing tergantung pilihan pada saat pendaftaran penerimaan pegawai, aday yang tetap di Jakarta, ada yang ke Sorong, Pekanbaru, Makassar, Bali dan beberapa daerah di Indonesia.

Berhubung saya memilih penempatan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Satker Padaido Biak, maka saya ke Kupang terlebih dahulu sebelum ke Satker (Entah kapan ke Satker belum tau pasti....)

Saya masih ingat betul waktu keberangkat saya ke Kupang tepat pada hari Minggu, 14 Juni 2015. Berangkat dari Bandara Sokarno Hatta, Jakarta, transit di Bandara Juanda, Surabaya, kemudian sampailah saya di Bandara El Tari, Kupang. Ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Kupang. Sebelum pesawat landing, saya sempat melihat pemandangan malam hari Kupang dari atas pesawat. Terlintas dalam benak saya ketika melihat pemandangan tersebut pemikiran bahwa Kupang masih tergolong ramai dengan melihat lampu jalanan dan rumah penduduk serta lalu-lalang kendaraan. Semoga saja seperti itu, tapi kalau pun tidak ramai... Tak masalah....

Setelah menjalani kehidupan di Kupang dan sekitarnya di Provinsi NTT selama beberapa hari bahkan bulan sampai tulisan ini saya buat. Saya dapat menulis beberapa hal mengenai Provinsi NTT-Kupang dan sekitarnya.

Daerah Berkembang
Terlihat  dari pembangunan yang sedang terjadi di Provinsi NTT, seperti yang saya lihat di Kota Kupang baik pembangunan dari segi perumahan, perkantoran maupun pusat perbelanjaan. Satu-satunya mall yang ada di Kupang adalah Mall Flobamora ditambah Lippo Kupang dan Hypertmart sebagai pusat perbelanjaan. Tempat ini ramai dikunjungi masyarakat setempat baik untuk berbelanja maupun hanya sekedar jalan-jalan. Saya juga mendengar kalau di Kupang akan dibangun sebuah bioskop. Mudah-mudahan cepat terealisasi. Untuk menambah tempat nongkrong. Hahahaha

Kutub Paling Selatan Indonesia
Provinsi NTT merupakan daerah paling selatan Indonesia. Sehingga suhu udara sedikit menyengat dan kondisi alam sedikit tandus. Batu karang menajdi substrat yang dominan di di Kupang.
 
Kutub paling selatan Indonesia (Sumber : Google Earth)


Kawasan Konservasi Perairan Nasional
Sebagian besar wilayah Provinsi NTT berbatasan dengan lautan, menjadikan sebagian penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 5/KEPMEN-KP/2014 tentang Kawasan Konservasi Perairan Nasional Laut Sawu dan Sekitarnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan nomor 6/KEPMEN-KP/2014 tentang Rencana Pengelolaan dan Zonasi Taman Nasional Perairan Laut Sawu dan Sekitarnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2014 - 2034 menyatakan sebagaian perairan Laut Sawu menjadi konservasi yang bernama Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu yang dikelola oleh Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kawasan konservasi ini seluas 3,35 juta hektar meliputi 10 kabupaten di Provinsi NTT, yaitu Kab. Kupang, Kab. Rote Ndao, Kab. Timor Tengah Selatan, Kab. Sabu Raijua, Kab. Manggarai, Kab. Manggarai Barat, Kab. Sumba Timur, Kab. Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat dan Kab. Sumba Barat Daya. Setidaknya dengan adanya kawasan konservasi ini diharapkan sumberdaya laut tetap terjaga dan kesejahteraan masyarakat terjamin.

 

Zonasi TNP Laut Sawu (Sumber : Permen KP No. 6/KEPMEN-KP/2014)


Berbatasan denga Timor Leste
Iya. Daratan Provinsi NTT langsung berbatasan dengan Timor Leste. Salah satu negara yang dulunya masuk ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tapi pada tanggal 20 Mei 2002 resmi merdeka, memisahkan diri dari Indonesia dan menjadi negara baru. Kab. Kupang. Kab. Timor Tengah Utara dan Kab. Belu merupakan wilayah Provinsi NTT yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.
 
Berbatasan dengan Timor Leste (Sumber : Google Earth)

Pulau Kecil Terluar
Pulau Batek salah satu pulau kecil terluar yang terletak di Provinsi NTT. Pulau ini berada di daerah Netemnanu Utara, Kab. Kupang dan berbatasan dengan Timor Leste.
 
Pulau Batek

Destinasi Wisata
Setiap daerah memiliki destinasi wisata yang menjadi magnet untuk menarik orang lain untuk berkunjung ke daerah tersebut. Begitupun dengan Provinsi NTT-Kupang dan sekitarnya, menyuguhkan berbagai destinasi wisata lengkap, mulai dari Pantai Tablolong di Kab. Kupang, Gua Kristal di Kab. Kupang, Danau Nefona di Kab. Kupang, Gua Monyet Tenau di Kota Kupang, Air Terjun Oenesu di Kab. Kupang, Gunung Kelimutu di Kabupaten Ende, Pulau Komodo di Kab. Manggarai Barat hingga perkampungan Wae Rebo di Kab. Manggarai dan masih banyak lagi. Tinggal bagaimana anda mengatur waktu untuk mengunjungi tempat wisata tersebut dan pastinya menyiapkan uang untk biaya perjalanan.
 
Pantai Tablolong


Kuliner
Berbicara mengenai suatu daerah pasti yang anda ingin tahu ketika berkunjung ke setiap daerah adalah kuliner atau makanan khas. Provinsi NTT memiliki beberapa makanan khas, diantaranya Se'i dan Jagung Bose. Se'i berupa daging yang di panggang bisa daging sapi, kambing mapuun ba**. Jagung bose dengan bahan utama jagung yang dicampur dengan santan dan bahan lainnya. Semua kuliner ini dapat membangkitkan rasa lapar anda terutama bagi para pecinta kuliner. Anda harus mencba menyantap makanan ini.

 
Jagung Bose

Beberapa hal di atas merupakan sedikit penjelasan mengenai Provinsi Nusa Tenggara Timur-Kupang dan sekitarnya. Semoga kalian tertarik untuk mengunjungi tempat ini, menadikan NTT sebagai bagian dari petualangan kalian.



Let's Adventure
Visit Nusa Tenggara Timur
Reaksi:

1 comment:

Follow Me

FacebookTwitterGoogle+InstagramPathYahoo

About Me

Setiawan Mangando-Nando Torajanese||Traveler||Blogger Sementara tinggal di Biak. Suka berpetualang dan mengikuti kegiatan sosial. Punya impian : mengajak kedua orang tua berlibur, fasih berbahasa Inggris, keliling Indonesia dan merayakan natal di luar negeri yang bersalju

Followers

Setiawan Mangando

Setiawan Mangando

TWP Kepulauan Padaido

TWP Kepulauan Padaido

Popular Posts