Barracuda Point (Kawasan Konservasi Kepulauan Padaido) : Sensasi Menyelam Bersama Schooling Ikan Barracuda

Biak, Papua - Kawasan Konservasi Kepulauan Padaido merupakan salah satu kawasan konservasi perairan nasional dibawah pengelolaan Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Penetapan KK Kep. Padaido sebagai kawasan konservasi karena memiliki potensi sumber daya alam, baik ekosistem pesisir (terumbu karang, padang lamun dan hutan mangrove), biota laut dilindungi dan aspek perikanan, dimana aktivitas masyarakat yang didominasi oleh perikanan tangkap, disamping perikanan budidaya. Arah penetapan tersebut tidak hanya untuk perikanan tetapi juga pengembangan pariwiata alam perairan. Pengembangan pariwisata saat ini sedang berlangsung dengan adanya pengusahaan pariwisata, aktivitas wisatawan yang berkunjung, dukungan pemerintah dengan pembangunan sarana prasarana pariwisata (homestay, transportasi).

Kawasan Konservasi Kepulauan Padaido memiliki potensi pariwisata yang patut untuk dikembangkan, berbagai aktivitas wisata yang dapat dilakukan, seperti diving, snorkeling, swimming, hoping island, free dive, fishing tourism, sunrise and sunset, social and culture beberapa aktivitas lainnya. Salah satu yang paling diminati dan patut untuk dilakukan adalah diving atau menyelam atau dalam bahasa Biak disebut molo. Banyak dive spot yang tersebar di KK Kep. Padaido, seperti Wundi Cave (goa bawah laut), Rasi Wreck (kapal karam), Coral Garden (karang). Nah salah satu yang patut untuk dikunjungi dan wajib untuk diselami adalah Barracuda Point (schooling of barracuda). 

Barracuda Point terletak di Gosong Urbepiar (daratan yang timbul pada saat surut) yang berdekatan dengan Pulau Mansurbabo. Secara gegorafis masuk ke dalam pemerintahan Distrik Padaido, Kabupaten Biak Numfor - Papua. Terlatak pada titik koordinat Daratan yang muncul ke permukaan saat air surut pada titik koordinat S 01⁰19'40,98"; dan E 136⁰21'00,45".

Schooling Barracuda

Sesuai dengan namanya spot ini memberikan sensasi melihat secara dekat serta menyelam bersama schooling ikan barracuda. Selain itu ditemukan karang keras dan lunak, ikan, eagle ray dan baracuda. Kondisi perairan teduh, namun dibawah air berarus dengan jarak pandang 10-15 m.

Aksesibilitas menuju Barracuda Point tergolong muda hanya dengan menempuh waktu sekitar 30 menit - 1 jam via laut menggunakan perahu. Waktu tempuh ini pun sangat bergantung dari cuaca maupun lokasi keberangkatan. Banyak pilihan tempat untuk berangkat, seperti di Tiptop, Bosnik dan Opiaref. 

Nah jika kalian penasaran mengenai Barracuda Point, bisa langsung menuju ke spot ataupun kalau belum sempat bisa merapat dengan melihat video di channel saya Mangando's Channel pada link Barracuda Point (Kawasan Konservasi Kepulauan Padaido) : Menyelam bersama Schooling Barracuda.

For your information... Fun fact about Barracuda :

1. Penampilan Fisik yang Ganas : Ukuran tubuh mulai dari 50 cm - 2 m dengan sisik berwarna dengan mempunyai tubuh yang memanjang dengan gigi tajam sepanjang mulut

2. Hewan Nokturnal : Hewan yang aktif pada malam hari, waktu tersebut digunakan untuk berburu mangsa dan berkumpul dengan kawanan. Hidup berkelompok dan akan saling melindungi satu sama lain dari ancaman

3. Model bagi Penyelam : Memiliki tampilan fisik yang memukau dan sering berkelompok, kadang membentuk gerombolan seperti tornado menjadikan barracuda sebagai incaran para penyelam untuk dijadikan objek foto

4. Habitat Kesukaan : Laut tropis menjadi habitat yang nyaman bagi barracuda. Ikan dewasa menyukai laut yang memiliki terumbu karang karena menjadi lokasi yang strategis untuk berburu

Post a Comment

0 Comments