2 Gelar Disabet Indonesia di Indonesia Master 2023


IN-DO-NE-SIA... IN-DO-NE-SIA... IN-DO-NE-SIA

Kembali berkumandang di Istora Senayan, Jakarta. Para badminton lovers dengan penuh semangat memberikan dukungan kepada atlet Indonesia untuk bertanding memperebutkan gelar pada partai final Indonesia Masters 2023.

Perjuangan para atlet Indonesia tidaklah sia - sia. Setidaknya 2 gelar dan 1 runner up disabet para pahlawan olahraga kebanggaan kita semua. Gelar tersebut disumbangkan oleh Jonatan Christie dari sektor tunggal putra dan pasangan Daniel Marthin dengan Leo Rolly Carnando dari sektor ganda putra. Sedangkan runner up disumbangkan oleh Chico Aura Dwi Wardoyo dari sektor tunggal putra yang berhadapan dengan Jonatan Christie, yang mana pada partai final di sektor tunggal putra terjadi All Indonesian Man’s Singles Final (read. All Indonesian Man's Singles Final)

Final Indonesia Masters 2023 diselenggarakan pada Minggu, 29 Januari 2023 di Istora Senayan, Jakarta pukul 13.00 WIB. Atlet Indonesia bertanding pada partai keempat untuk sektor tunggal putra dan partai kelima untuk ganda putra. Adapun tiga partai sebelumnya secara berturut – turut yang pertama partai pertama dari sektor ganda putri yang mempertemukan dua pasangan ganda putri yakni Li Shengchu/Zhang Shuxian dari China dengan Yuki Fukusima/Sayaka Hirota dari Jepang, dimana pasangan China berhasil menjadi juara. Selanjutnya partai kedua dari sektor tunggal putri yang mempertemukan An Se Young dari Korea dengan Carolina Marin dari Spanyol, yang dimenangkan oleh An Se Youg. Partai ketiga dari sektor ganda campuran yang mempertemukan dua pasangan ganda campuran China yakni Jiang Zhenbang/Wei Yaxin dengan Feng Yanzhe/Huang Donping, dimana pertarungan All Chinese XD dimenangkan pasangan Feng/Huang.

Partai keempat pun dimulai dari sektor tunggal putra.

Final Indonesia Masters 2023 mempertemukan dua atlet andalan Indonesia, Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Kedua atlet ini melaju ke partai final setelah mengalahkan lawan mereka pada partai semifinal , dimana Jonatan lebih dulu memastikan tiket ke final setelah mengalahkan Shi Yuqi dari China dengan skor 21-13 15-21 21-19. Chico pun mengikuti jejak Jonatan setelah mengalahkan tunggal putra dari Hongkong Ng Ka Long Angus dengan skor 17-21 27-26 22-20.

Kedua atlet ini pasti sudah mengetahu kelebihan dan kelemahan masing – masing karena latihan bersama yang biasa mereka jalani. Meskipun demikian kedua atlet memberikan penampilan yang terbaik, tidak ingin mengecewakan penonton badminton lovers Indonesia. Perbandingan head to head antara Jonatan dengan Chico, masih dipegang oleh Jonatan dengan tiga kali kemenangan tanpa balas. Kedua atlet ini bermain dengan penuh semangat daya juang dan memperlihatkan permainan terbaik mereka. All Indonesian Men’s Singles ini dimenangkan oleh Jonatan Christie dengan skor 21-15 21-13.

Partai kelima dari sektor ganda putra yang mempertemukan antara pasangan Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dengan pasangan China, He Jiting/Zhou Haodong. Kedua pasangan ini melaju ke partai final setelah mengalahkan lawan mereka di partai semifinal, dimana Leo/ Daniel menang atas ganda Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dengan skor 18-21 21-17 21-3, sedangkan He/Zhou berhasil menghentikan langkah pasangan China lainnya Liu Yuchen/Ou Xuanyi dengan skor 21-14 21-16.

Pertemuan antara pasangan Leo/Daniel dengan He/Zhou merupakan pertemuan yang kedua, dimana pada pertemuan sebelumnya dimenangkan oleh pasangan Leo/Daniel. Pertarungan sengit antar kedua pasangan ini tersaji mulai dari awal sampai akhir, saling menyerang dan melancarkan smash, pertahanan kedua pasangan cukup apik. Bertanding di kandang sendiri menjadi salah satu motivasi bagi pasangan Indonesia untuk memberikan yang terbaik. Teriakan para penonton yang memenuhi istora memberikan semangat kepada Leo/Daniel untuk dapat memenangkan pertandingan ini. Hal ini menjadi. Walaupun dengan susah payah dan penuh dengan perjuangan, pasangan Leo/Daniel dapat memenangkan pertandingan ini dengan skor 21-17 21-16.

Kemenangan Leo/Daniel menambah gelar yang diperoleh Indonesia menjadi 2 gelar. Dengan demikian, dua gelar berhasil disabet atlet Indonesia pada di Indonesia Masters 2023 dari sektor Tunggal Putra dan Ganda Putra.


Adapun pencapaian terbaik atlet Indonesia untuk masing – masing sektor, yakni

Tunggal Putra : Winner (Jonatan Christie)

Tunggal Putri : Quarter Final/8 besar (Gregoria Mariska Tunjung)

Ganda Putra : Winner (Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin)

Ganda Putri : Quarter Final/8 besar (Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti)

Ganda Campuran : Quarter Final/8 besar (Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata)

 

Adapun pemenang Indonesia Masters 2023 dari masing – masing sektor yakni :

Tunggal Putra : Jonatan Christie (Indonesia)

Tunggal Putri : An Se Young (Korea)

Ganda Putra : Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Indonesia)

Ganda Putri : Liu Shenghu/Zhang Shuxian (China)

Ganda Campuran : Feng Yanzhe/Huang Dongping (China)


Perolehan kemenangan Indonesia Masters 2023 masing – masing negara :

Indonesia : 2 gelar (tunggal putra dan ganda putra)

China : 2 gelar (ganda putri dan ganda campuran)

Korea : 1 gelar (tunggal putri)

Partai puncak Indonesia Masters 2023 telah berakhir. Terima kasih para atlet Indonesia untuk perjuangannya. Terima kasih coach untuk arahan dan didikan. Terima kasih badminton lovers Indonesia untuk teriakkan dan doa. Semoga atlet kita makin gacor pada pertandingan selanjutnya.

Post a Comment

0 Comments